Kerangka fosil ini mengubah apa yang kami pikir ketahui tentang evolusi burung hantu pada kepalanya
Jakarta (ANTARA) - Para ahli paleontologi menemukan kerangka fosil burung hantu yang aktif di siang hari dan hidup lebih dari enam juta tahun lalu dalam kondisi sangat baik di China barat laut. 

Tulang mata yang telah menjadi fosil dari kerangka itu mengungkapkan bahwa burung hantu yang telah punah tersebut aktif di siang hari, bukan malam hari, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Science pada Selasa (29/3).

Itu menjadi catatan pertama tentang burung hantu purba yang aktif di siang hari.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Li Zhiheng dan Thomas Stidham dari Institut Paleontologi Vertebrata dan Paleoantropologi di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan China menamai spesies itu Miosurnia diurna mengacu pada kerabat dekatnya yang masih hidup, Burung Hantu Elang Utara diurnal.

Kerangka fosil itu ditemukan di bebatuan deposit pada ketinggian lebih dari 2.100 meter di Cekungan Linxia di Provinsi Gansu, China, atau tepatnya di tepi Dataran Tinggi Qinghai-Tibet, menurut penelitian tersebut.

Fosil tersebut terawetkan hampir seluruh kerangka mulai dari ujung tengkorak kemudian sayap dan kaki hingga tulang ekor, beserta bagian-bagian tubuh yang jarang terlihat sebagai fosil seperti tulang-tulang organ lidah, urat sayap dan otot kaki, bahkan sisa-sisa makanan terakhirnya berupa mamalia kecil.

"Ini adalah pengawetan yang menakjubkan dari tulang mata di tengkorak fosil ini yang memungkinkan kita untuk melihat bahwa burung hantu ini lebih menyukai siang dan bukan malam," kata Li, penulis pertama makalah tersebut.

Hewan nokturnal (aktif di malam hari) membutuhkan mata yang lebih besar secara keseluruhan dan pupil yang lebih besar untuk melihat dalam kondisi cahaya redup, tetapi hewan diurnal (aktif di siang hari) memiliki mata dan pupil yang lebih kecil.

Para peneliti membentuk kembali ukuran dan bentuk cincin di sekitar iris dan pupil mata fosil itu untuk menentukan diameter keseluruhan cincin dan bukaan cahaya di tengahnya.

Setelah itu, mereka membandingkannya dengan mata 55 spesies reptil dan lebih dari 360 spesies burung termasuk banyak burung hantu, hingga sampai pada kesimpulan bahwa fosil mata burung itu paling mirip dengan mata burung hantu yang masih hidup dan sebagian besar tidak aktif di malam hari.

Menggunakan pohon keluarga burung untuk merekonstruksi kebiasaan nenek moyang burung, termasuk burung hantu, mereka menemukan bahwa kelompok burung hantu ini diurnal meskipun nenek moyang semua burung hantu yang hidup hampir pasti nokturnal, menurut penelitian itu.

"Kerangka fosil ini mengubah apa yang kami pikir ketahui tentang evolusi burung hantu pada kepalanya," kata Li.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2022