Tasikmalaya (ANTARA News) - Batu diduga situs peninggalankerajaan ditemukan warga di kebun Kampung Nangklong, Desa Linggaraja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Salah seorang warga penemu batu juga pemilik kebun tersebut, Hasbini (53), Senin, mengatakan batu yang  itu ditemukan saat melakukan penggalian tanah kebun, Kamis (6/10).

Hasbini mengaku sebelumnya dia mendapat mimpi ada batu peninggalan kerajaan berada di bawah kebun miliknya.

Selanjutnya Hasbini membuktikan mimpi tersebut dengan melakukan penggalian tanah di kebunnya, dan ternyata ditemukan batu berukuran berdiameter sekitar 1,5 meter.

Diatas dataran batu tersebut, kata Hasbini terlihat seperti gambaran peta dan terdapat tulisan seperti menyerupai angka 0, 1 dan 5.

Selain penemuan batu tersebut, Hasbini menemukan sejumlah batu yang berukuran lebih kecil memiliki motif seperti garisan menggambarkan perbukitan daerah sekitar.

Sementara itu Jamjam, pegiat pariwisata Situ Sanghyang, Kabupaten Tasikmalaya,  mengatakan penemuan batu tersebut diharapkan dapat mengungkap sejarah kerajaan dan keberadaan Situ Sanghyang.

"Karena di wilayah penemuan batu dan Situ Sanghyang pada zaman dahulu terdapat beberapa kerajaan, tapi lebih jelasnya setelah nanti ada penelitan dari pihak yang berkepentingan dalam masalah ini," katanya.
(KR-FPM)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011