Kapasitas maksimal bisa menampung 2.500 orang
Jakarta (ANTARA) - Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari, Kalideres Jakarta Barat akan menggelar shalat Tarawih dengan kapasitas maksimal selama bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah.

"Kapasitas maksimal bisa menampung 2.500 orang serta kita minta kepada jemaah yang berkunjung untuk tetap menggunakan masker," kata Kepala Unit Pengelola Terpadu (UPT) Masjid Hasyim Asy'ari, Dikki Syafrin saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Dikki mengatakan pemanfaatan kapasitas maksimal untuk shalat sesuai dengan surat edaran Majelis Ulama Indonesia yang dikeluarkan beberapa waktu lalu.

Dengan demikian, Masjid Raya Hasyim Asy'ari untuk pertama kali menggelar shalat dengan kapasitas 2.500 di masa pandemi.

Pada tahun 2021, pihak masjid  menggelar shalat Tarawih namun dengan pembatasan jumlah jamaah.

"Waktu PPKM itu sekitar 600 sampai 800 paling banyak," kata dia.

Tidak hanya menggelar shalat Tarawih, pihaknya juga akan mengadakan beberapa bazar selama tiga hari yakni tanggal 8, 9 dan 10 April di lingkungan masjid.

Beberapa kegiatan keagamaan juga akan digelar  Dewan Kemakmuran Masjid (DKM). Pihaknya juga akan melakukan pembagian takjil dan buka puasa bersama dengan warga sekitar masjid.

Dikki berharap dengan dibukanya kapasitas maksimal masjid, ibadah selama bulan Ramadhan bisa berjalan dengan khusyuk dengan senantiasa mematuhi  protokol kesehatan.
Baca juga: Terkait shalat tarawih, masyarakat diminta tunggu keputusan pemerintah
Baca juga: DKI utus 100 duta imam tarawih ke 400 masjid di Jakarta
Baca juga: Disuruh pulang kalau tarawih tak bermasker
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022