Penerapan aturan ini merupakan langkah maju yang disambut baik dalam upaya berkelanjutan guna mengatasi masalah kelelahan pemain sehingga memastikan mereka berkesempatan bermain sebaik-baiknya
Jakarta (ANTARA) - Klub-klub Liga Premier telah memberikan suara mendukung penerapan kembali aturan lima pemain pengganti per pertandingan mulai awal musim 2022-2023, kata organisasi itu seperti dikutip Reuters, Jumat.

Selama ini pergantian pemain dapat dilakukan pada tiga kesempatan, tidak termasuk babak pertama, dan klub dapat menyebutkan total sembilan pemain pengganti dalam lembar tim mereka, kata liga dalam satu pernyataan.

Klub papan atas diizinkan menambah jumlah pemain pengganti dari tiga menjadi lima per pertandingan pada musim 2019-2020 ketika liga dimulai kembali Juni setelah jeda tiga bulan akibat pandemi COVID-19.

Baca juga: Liga Premier Inggris resmi terapkan lima pergantian pemain musim depan

Badan pembuat aturan sepak bola IFAB telah merekomendasikan agar aturan itu dipermanenkan, tetapi Liga Premier menjadi satu-satunya liga teratas Eropa yang memutuskan tidak melanjutkan aturan lima pemain pengganti mulai musim 2020-2021 sekalipun sejumlah manajer khawatir pemain bakal kelelahan.

Asosiasi Pesepak bola Profesional mendukung keputusan terbaru liga, itu. Kepala eksekutif Maheta Molango menyebut bertambahnya beban kerja pemain bisa merusak kesehatan mereka.

"Penerapan aturan ini merupakan langkah maju yang disambut baik dalam upaya berkelanjutan guna mengatasi masalah kelelahan pemain sehingga memastikan mereka berkesempatan bermain sebaik-baiknya," kata Molango.

Liga Premier akan menghentikan ketentuan tes COVID-19 dua kali dalam satu pekan kepada pemain dan staf mulai Senin. Hanya mereka yang menunjukkan gejala saja yang akan dites.

"Kesejahteraan pemain dan staf tetap menjadi prioritas dan Liga Premier akan terus memantau situasi COVID-19 nasional dan mengadaptasi protokol di seluruh Liga sesuai kebutuhan, sejalan dengan panduan terbaru dari otoritas kesehatan masyarakat dan pakar medis," kata liga.

Liga Premier juga mengatakan jendela transfer musim panas akan dibuka 10 Juni dan ditutup pada 1 September.

Baca juga: Klopp pesimistis usul lima pergantian pemain diterima klub lain
Baca juga: Slot lima pergantian pemain hanya untungkan tim besar, kata Vieira

Baca juga: IFAB sarankan aturan lima pergantian pemain dipermanenkan

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022