Jakarta (ANTARA) - Beijing pada Kamis (31/3) mengumumkan regulasi implementasi uji coba untuk menyediakan dukungan kebijakan bagi uji coba bus otonomos di jalan raya di masa mendatang, kata otoritas setempat.

Beijing akan mengizinkan uji coba di jalan raya untuk kelompok pertama yang terdiri dari delapan bus otonomos dari tiga perusahaan teknologi, yakni Baidu, QCraft, dan SenseTime, menurut kantor kerja zona peragaan kendaraan otonomos tingkat tinggi Kota Beijing.

Untuk memastikan keamanan penumpang dan pejalan kaki, regulasi ini memetakan persyaratan yang melibatkan pengelolaan di dalam kendaraan, pengoperasian kendaraan, uji coba di jalan raya, jaminan asuransi, serta berbagai parameter teknis, lanjut kantor kerja tersebut.

Sebagai contoh, semua bus otonomos harus dilengkapi dengan pengemudi manusia untuk mengawasi mobilitas bus, dan satu orang lainnya juga diperlukan untuk menjaga ketertiban di bus.

Dalam tahap berikutnya, kantor kerja tersebut berencana akan berkolaborasi dengan Beijing Public Transport, operator bus di ibu kota China, untuk mengeksplorasi kemungkinan pengoperasian lebih banyak bus otonomos di kawasan industri dan area bisnis inti yang ada di zona peragaan, tutur Kong Lei, direktur kantor kerja.

Hingga September 2021, total 278 ruas jalan yang membentang sejauh lebih dari 1.027 km di Beijing telah dibuka untuk uji coba kendaraan otonomos, menurut Pusat Inovasi Beijing untuk Mobilitas Pintar. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022