AsiaNet 46677

NYON, Swiss, 13 Oktober (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) --
    
     Untuk Hari Osteoporosis Dunia tahun ini (20 Oktober), International Osteoporosis Foundation (IOF) merilis laporan 24 halaman yang mempromosikan strategi tiga langkah untuk memperoleh tulang yang sehat dan otot yang kuat.

     Untuk melihat Siaran Berita Multimedia, silakan klik
     http://multivu.prnewswire.com/mnr/prne/iof/52143/

     Profesor Heike Bischoff-Ferrari, direktur Centre on Aging and Mobility di University of Zurich/Waid City Hospital dan penulis laporan itu, menyatakan, "Sederhananya, tak peduli berapa usia Anda, Anda dapat mengoptimalkan kesehatan tulang Anda dengan mengikuti tiga langkah penting berikut ini."

     "Pertama, Anda harus memastikan asupan vitamin D yang cukup. Kedua, diet Anda harus mencakup jumlah kalsium dan protein yang cukup. Akhirnya, Anda harus memastikan bahwa Anda melakukan latihan menanggung berat badan dan latihan penguatan otot tiap hari."

     Beliau menekankan bahwa agar efektif, gabungan ketiga komponen ini diperlukan. "Manfaat gizi yang sehat dan vitamin D yang memadai meningkatkan manfaat latihan, dan sebaliknya," ujar Prof Bischoff-Ferrari.
     Laporan ini mengemukakan masalah kritis jatuh dan patah tulang akibat jatuh pada manula. Selain itu, laporan ini juga menyebutkan:
    
     - Asupan kalsium dan protein yang cukup dapat dicapai melalui makanan bergizi yang mencakup produk susu, kacang-kacangan serta beberapa sayuran yang kaya kalsium, buah dan air mineral. Produk susu memiliki kalsium terbanyak dan juga memberikan protein.
     - Manula dengan asupan protein yang menurun lebih rentan terhadap kelemahan otot, sarcopenia dan kerapuhan - semuanya dapat meningkatkan risiko jatuh dan patah.
     - Vitamin D diproduksi di kulit setelah terpapar sinar matahari. Sumber vitamin D pada makanan agak terbatas, dengan sejumlah kecil terutama ditemukan pada ikan berlemak dan telur.
     - Sebagaimana yang dibuktikan oleh tingginya tingkat kekurangan vitamin D di seluruh dunia, banyak orang tidak dapat mencapai tingkat vitamin D yang cukup dari sinar matahari. Alasannya meliputi: sedikit sinar matahari di musim dingin pada garis lintang di atas dan bawah 33 derajat, awan dan polusi udara, penggunaan tabir surya, mengenakan pakaian yang menutupi sebagian besar tubuh, serta kecenderungan umum terhadap gaya hidup di dalam ruangan baik pada orang muda maupun tua.
     - Produksi vitamin D di kulit menurun seiring bertambahnya usia, sehingga manula memiliki kemampuan memproduksi vitamin D empat kali lebih rendah dibandingkan dengan orang dewasa muda.
     - Pada manula, penambahan vitamin D terbukti mengurangi risiko jatuh dan patah tulang sekitar 20%. IOF merekomendasikan kadar vitamin D sebesar 800 sampai 1000 IU /hari untuk semua orang yang berisiko dan untuk semua orang berusia 60 tahun ke atas.
     - Aktivitas fisik harian mutlak penting untuk tulang dan kekuatan otot pada semua umur.
     - Latihan yang paling efektif adalah aktivitas menanggung berat badan seperti berjalan, naik tangga, melompat atau jalan cepat, serta latihan penguatan otot seperti angkat berat.
     - Program latihan menanggung berat badan yang meningkatkan kecepatan cara berjalan, kekuatan otot dan keseimbangan pada manula dapat mengurangi jatuh sebesar 25-50%.
     - Merokok, alkohol yang berlebihan dan berat badan kurang (indeks massa tubuh di bawah 19) terbukti berdampak negatif pada kesehatan tulang.

     Profesor Cyrus Cooper, ketua Komite Penasehat Ilmiah IOF, mengatakan, "Kesehatan tulang penting pada semua tahap kehidupan, saya mendorong semua orang untuk mengikuti rekomendasi yang diberikan oleh laporan ini. Kalsium dan protein yang memadai, vitamin D dan berolahraga setiap hari merupakan tiga bahan penting yang membantu memaksimalkan perkembangan tulang dan pertumbuhan masa kanak-kanak serta remaja."

     "Pada orang dewasa, ketiganya membantu mempertahankan dan meningkatkan massa tulang dan kekuatan otot. Bagi manula, program latihan khususnya harus mencakup latihan penguatan otot dan keseimbangan. Bersama dengan asupan protein yang cukup dan penambahan vitamin D, ini terbukti sangat bermanfaat dalam mengurangi jatuh dan patah tulang."

     Informasi lebih lanjut tentang Hari Osteoporosis Dunia dan untuk mengunduh laporan 'Tiga Langkah Mencegah Patah Tulang: Vitamin D, Kalsium dan Latihan' kunjungi http://www.worldosteoporosisday.org

     Tentang IOF

     International Osteoporosis Foundation (IOF) adalah lembaga payung nirlaba swadaya masyarakat yang memerangi osteoporosis, penyakit yang dikenal sebagai "epidemi diam" di seluruh dunia. Anggota IOF - yang terdiri dari komite peneliti ilmiah, pasien, perkumpulan medis dan penelitian serta perwakilan industri dari seluruh dunia - berbagi visi bersama yakni dunia tanpa patah tulang akibat osteoporosis. IOF sekarang mewakili 199 perkumpulan 93 lokasi. http://www.iofbonehealth.org

     Untuk informasi lebih lanjut hubungi:    

     Caleb Starrenburg
     Koordinator Komunikasi
     International Osteoporosis Foundation
     Email:  cstarrenburg@iofbonehealth.org
     Telepon: +41-22-994-01-04

     SUMBER: IOF-International Osteoporosis Foundation

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011