Tiba di Stasiun Paledang, sekitar pukul 13.40 WIB, Budi bersama Bima Arya sempat mendengar penjelasan tentang desain infrastruktur jalur kereta...
Kota Bogor (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi Wali Kota Bogor, Jawa Barat, Bima Arya Sugiarto menjajal jalur kereta api (KA) Bogor-Sukabumi dari Stasiun Paledang pada hari pertama Ramadhan 1443 Hijriah, Minggu.

Tiba di Stasiun Paledang, sekitar pukul 13.40 WIB, Budi bersama Bima Arya sempat mendengar penjelasan tentang desain infrastruktur jalur kereta yang masih dalam pembangunan.
 
Kemudian, tepat pukul 14.00 WIB Menhub  bersama rombongan Kemenhub dan jajaran Pemerintah Kota Bogor memasuki gerbong kereta Sukabumi-Bogor kelas ekonomi dan menyapa beberapa penumpang yang sudah lebih dulu berada di dalam.

Baca juga: Menhub prediksi 79 juta orang akan mudik Lebaran 2022

Kereta kemudian berangkat sekitar pukul 14.05 menuju Stasiun Batutulis yang baru saja rampung pengerjaan infrastruktur relnya.
 
Sementara itu nampak tebingan rel masih dalam tahap pengerjaan. Pembangunan infrastruktur luar rel di Stasiun Batutulis sempat menjadi sorotan warga yang terisolasi karena belum dibangunkan jembatan penyeberangan orang (JPO).
 
Pada Maret lalu, Wali Kota Bogor sempat mengungkap Pemerintah Kota telah menyurati Kemenhub beberapa bulan sebelumnya. Surat itu meminta kontraktor pembangunan rel ganda Bogor-Sukabumi di wilayahnya untuk segera menyelesaikan janji membangun fasilitas akses jalan warga sekitar rel.
 
Hal itu mengingat telah ada rencana uji coba jalur rel ganda Bogor-Sukabumi pada akhir Maret. Realisasinya, pada hari kedua Ramadhan ini Bima Arya bersama Menhub Budi Karya menjajal jalur tersebut.

Baca juga: KAI Palembang tetap jalankan 88 perjalanan LRT selama Ramadhan
 
Melewati perkotaan Kota Bogor, kemudian persawahan beberapa kecamatan Kabupaten Bogor menuju Sukabumi.
 
Sesuai peraturan terbaru, merujuk pada aturan Satgas COVID-19 tidak ada lagi penyekatan di dalam kereta. Area dalam kereta pun nampak bersih dan harum. Ada pula tv gantung dan monitor pemberitahuan di dalam gerbong.
 
Penumpang masih diwajibkan mengetatkan protokol kesehatan berupa memakai masker dan mencuci tangan.
 
Terlihat warga sekitar rel penasaran dengan suara kereta yang pertama kali kembali melintas di jalur KA ini.
 
Kereta terus melaju melewati Stasiun Cigombong menuju Stasiun Cicurug di Kabupaten Bogor dan kembali ke Stasiun Paledang Bogor.

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022