Jayapura, Papua (ANTARA) - Satgas Batalion Infantri MR 412 Kostrad dari Pos Komando Taktis merangkul para pemuda di Distrik Tiom, Kabupaten Lanny Jaya, Papua, melalui berbagai komunikasi sosial kreatif yang dibangunnya.

Perwira Seksi Teritorial Satgas Batalion Infantri MR 412 Kostrad, Letnan Dua Infantri Rusmanto, dalam siaran pers di Jayapura, Senin, mengatakan, komunikasi sosial kreatif ini ditunjukkan melalui kegiatan bernyanyi bersama sambil bermain gitar, termasuk pula alat musik gitar khas Pegunungan Tengah Papua.

Baca juga: Wakasad cek kesiapan operasi tim Intai Tempur Kostrad

"Membangun komunikasi sosial kreatif dengan masyarakat khususnya para pemuda penting dilakukan, hal ini untuk mendukung program pembinaan teritorial di wilayah penugasan Pegunungan Tengah Papua," katanya.

Menurut Rusmanto, pertemuan dengan para pemuda yang ada di sekitar pos tersebut sering digelar, selain bernyanyi bersama juga berbagi pengetahuan dan diskusi tentang wawasan kebangsaan serta arti sebuah kebhinekaan di Indonesia.

Baca juga: Inovasi material antipeluru mahasiswa Unhas lulus uji Divisi Kostrad

"Di samping itu juga untuk mengetahui kendala yang ada di masyarakat sehingga kami dapat membantu mengatasinya," ujarnya.

Ia menjelaskan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme, rasa kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, para prajurit satgas dan pemuda menyanyikan beberapa lagu kebangsaan seperti Indonesia Raya, Garuda Pancasila dan lain sebagainya, juga mengenalkan lagu-lagu Nusantara dari beberapa daerah.

Baca juga: Satgas Pamtas RI-Timor Leste motivasi pelajar mulai jalani tatap muka

Sementara itu, salah satu pemuda yang sering berkunjung ke Pos Satgas Batalion Infantri MR 412 Kostrad, Demier Kogoya, sangat senang bergaul dengan prajurit TNI di Pos. "Abang TNI dari Satgas 412 Kostrad baik, sering ajak kami makan bersama dan bernyanyi bersama, selain itu abang-abang TNI juga suka membantu masyarakat di sini," kata dia. 

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022