Surabaya (ANTARA News) - Tim mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya meraih juara umum dalam Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi ke-4 atau "GemasTIK-4" di Surabaya, 11-13 Oktober 2011.

"Tahun lalu, ITS kalah, meski meraih banyak medali, tapi miskin medali emas. Tahun ini, ITS meraih sepuluh medali dengan empat medali di antaranya merupakan medali emas," kata koordinator tim ITS Dr Ir RV Hari Ginardi MSc kepada ANTARA di Surabaya, Minggu.

Oleh karena itu, katanya, ITS akhirnya menjadi juara umum dalam GemasTIK-4 yang berlangsung di Grha ITS Surabaya, sedangkan juara kedua diduduki UI yang meraih tiga medali emas dan juara ketiga diraih ITB dengan dua medali emas.

"Ada sembilan kategori lomba dan ITS meraih emas dari empat kategori yakni Lomba Keamanan Jaringan, Lomba Pengembangan Permainan, Lomba Desain Web, dan Lomba Karya Tulis Bidang TIK," kata dosen Jurusan Teknik Informatika pada Fakultas Teknologi Informasi (FTIf) ITS itu.

Karya mahasiswa ITS yang meraih emas adalah permainan berjudul "Gamelan Simulator" oleh Iftitah Kurniasari, Johan Varian Alfa, dan Tirta Priambadha, bahkan permainan "Mbatik Yuk" dari PENS ITS juga meraih medali perunggu.

Selain itu, karya keamanan jaringan yang mendapatkan emas berjudul "Bernard Bear" oleh Mohammad Arif Rasyidi, sedangkan karya tulis TIK yang mendapatkan medali emas merupakan karya dari Dian Rahma Latifa, lalu karya desain web yang mendapatkan emas berjudul "Arcobaleno" oleh Benediktus Anindito, Faris Budi Arifianto, dan Rigga Widar Atmagi.

Sementara itu, kata anggota panitia GemasTIK-4 itu, UI unggul pada Lomba Piranti Cerdas, Lomba Aplikasi, dan Lomba Penggalian Data, sedangkan ITB unggul dalam Lomba Pemrograman dan Lomba Permainan Bisnis.

"Tantangan pengembangan TIK memang didominasi universitas di Jawa, seperti UI, ITB, ITS, IT Telkom, dan lainnya, sedangkan universitas di luar Jawa masih perlu pengembangan lebih keras lagi," katanya.
(E011)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011