Yogyakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Indonesia Boediono berpesan kepada 100 mahasiswa penerima beasiswa bidik misi di UGM agar siap menjadi pemimpin bangsa di berbagai bidang karena saat ini Indonesia membutuhkan banyak pemimpin.

"Saat ini, kita membutuhkan banyak pemimpin di berbagai bidang, tidak hanya di bidang pemerintahan," katanya.

Menurut dia, menjadi pemimpin tidak hanya membutuhkan kemampuan teknis tetapi juga harus didukung oleh kemampuan tambahan lain sehingga memiliki kualifikasi terbaik untuk menjadi pemimpin.

"Jadi, jangan sia-siakan kesempatan untuk belajar. Ini waktu yang terbaik untuk menempa kepribadian menjadi pemimpin. Kepribadian ini harus terus diasah," katanya.

UGM menerima mahasiswa program bidik misi sejak 2010, yaitu dengan menerima 500 mahasiswa dan jumlah tersebut meningkat pada 2011, sehingga kini total mahasiswa penerima beasiswa bidik misi di UGM mencapai 1.950 orang.

Setiap bulan, mahasiwa penerima beasiswa bidik misi tersebut memperoleh dana sebanyak Rp600 ribu. Untuk angkatan 2010, total beasiswa yang diterima mahasiswa adalah Rp10 juta per tahun, sedang pada 2011, total beasiswa yang diterima setiap mahasiswa adalah Rp12 juta.

"Selain diberikan kepada mahasiswa setiap bulan, sisa beasiswa tersebut diserahkan ke universitas untuk biaya pendidikan," kata Direktur Kemahasiswaaan UGM Haryanto.
(E013)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011