Jadikan komoditas ini sebagai alternatif penyediaan pangan yang murah buat masyarakat untuk memenuhi gizi dan protein
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk menjamin stabilitas harga komoditas ikan dan ketersediaannya yang selalu ada sebagai alternatif pangan masyarakat selain daging sapi, daging ayam, dan telur yang harganya fluktuatif.

"Pesan kami, tolong jaga harga ikan ini. Agar tersedia dan terjangkau kita harus menjadikan komoditas ikan ini sebagai alternatif pangan yang murah dan tersedia buat rakyat ketika komoditas-komoditas pangan lain mengalami fluktuasi harga dan kelangkaan yang tidak menentu," kata Johan dalam rapat dengar pendapat Komisi IV DPR RI bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan yang dipantau secara daring di Jakarta, Selasa.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan Nilanto Perbowo dalam RDP menyebutkan untuk mengantisipasi kebutuhan pasokan ikan saat Ramadhan dan menjelang Lebaran 1443 H,  stok ikan per 28 Maret 2022 sebesar 519 ton. Kemudian dalam tabel prognosa ketersediaan ikan, jumlah kebutuhan ikan untuk bulan April dan Mei 2022 adalah sebanyak 2,64 ton dan jumlah ketersediaan sebanyak 2,99 ton.

Johan berharap KKP dapat menjamin kepastian ketersediaan ikan sebanyak yang diperkirakan yaitu 2,99 juta ton. “Artinya bahwa target tangkap, target budidaya itu harus bisa kita genjot untuk memastikan bahwa angka 2,9 juta itu bisa dipenuhi. Sehingga kita tidak kekurangan ikan untuk puasa dan lebaran ini," kata Johan.


Baca juga: KKP catat tren permintaan ikan naik awal Ramadhan dan setelah Lebaran

Dia berharap agar masyarakat Indonesia bisa menjadikan ikan sebagai bahan pangan alternatif di samping daging sapi, ayam, dan telur yang biasa melonjak saat momen lebaran. Di samping itu, stok ikan cukup banyak dengan melihat jumlah perairan Indonesia yang luas, dan memiliki nilai gizinya yang tinggi.

"Jadikan komoditas ini sebagai alternatif penyediaan pangan yang murah buat masyarakat untuk memenuhi gizi dan protein," kata Johan yang merupakan legislator dapil Nusa Tenggara Barat (NTB) I.

Baca juga: KKP pastikan ketersediaan ikan aman selama Ramadhan hingga Lebaran

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Artati Widiarti sebelumnya mengungkapkan bahwa harga ikan relatif stabil selama bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri, meskipun permintaannya naik turun.

Artati menyarankan agar masyarakat bisa beralih kepada ikan apabila harga daging sapi, daging ayam, dan telur melonjak selama Ramadhan dan menjelang momen lebaran.

Baca juga: Menteri KP pastikan stok ikan aman jelang Ramadhan dan Idul Fitri
Baca juga: KKP: Penangkapan terukur perlu untuk jaga stok ikan di laut

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2022