Jakarta (ANTARA) - Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, mengerahkan 80 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk menjaga rumah kosong karena ditinggalkan pemiliknya mudik ke kampung menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Kita akan kerahkan petugas Satpol PP yang ada di wilayah. Kita punya 80 personel dari seluruh kelurahan," kata Camat Kembangan, Joko Mulyono saat ditemui di Jakarta, Rabu.

Joko mengatakan, penjagaan itu perlu dilakukan lantaran rumah yang ditinggalkan warga untuk mudik kerap menjadi sasaran tindak kriminal.

Penjagaan itu akan dilakukan tidak hanya oleh petugas Satpol PP melainkan menggandeng Babinsa dan Babinkamtibmas setiap kecamatan dan kelurahan.

Baca juga: Satpol PP Jakbar gencar pantau pusat belanja jelang lebaran
Baca juga: Tips aman tinggalkan rumah saat mudik ala Kapolsek Kalideres


Mereka akan menjaga bergantian sepanjang hari di seluruh permukiman warga. Joko mengaku pihaknya tidak menaruh perhatian khusus kepada beberapa wilayah yang harus mendapatkan penjagaan lebih.

"Kita penjagaannya dengan porsi sama di seluruh wilayah," kata dia.

Joko juga memberikan beberapa tips bagi warga yang ingin meninggalkan rumah dengan aman saat mudik lebaran.

Dia menyarankan warga menitipkan kunci rumah kepada tetangga yang dipercayai
selama pulang kampung.

"Lebih baik dititipkan kepada tetangga yang dipercayai. Warga juga diharapkan lapor kepada RT setempat sebelum meninggalkan rumah," kata dia.
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022