Kita harapkan ini akan menjadi salah satu juga komoditas unggulan kita, kalau kita kelola dengan manajemen modern, manajemen yang lebih baik
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap pinang biji dapat menjadi komoditas ekspor unggulan Indonesia, dengan pengelolaan modern dan manajemen yang baik.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam sambutannya pada acara pelepasan ekspor 7 kontainer komoditas pinang biji, di Jambi, Kamis.

"Kita harapkan ini akan menjadi salah satu juga komoditas unggulan kita, kalau kita kelola dengan manajemen modern, manajemen yang lebih baik," ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan luas lahan yang ditanami pinang biji di Indonesia mencapai 152.000 hektare. Sebanyak 22.000 hektare di antaranya berada di Jambi.

Baca juga: Presiden lakukan kunjungan kerja ke Jambi

Kepala Negara menyampaikan pinang biji merupakan komoditas yang banyak dibutuhkan di Thailand, Iran, India, China dan Pakistan.

"Kita harapkan ini nanti akan menjadi sebuah komoditas ekspor dalam jumlah yang besar," jelas Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan sudah memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk menyiapkan varietas unggul, yang memiliki kualitas yang bagus, agar Indonesia bisa mengekspor dalam jumlah yang lebih besar lagi.

"Karena tahun kemarin ekspor (pinang biji) kita di seluruh Tanah Air sebesar Rp5 triliun lebih. Ini sebuah jumlah yang sangat besar sekali dan sangat baik memberikan income kepada petani-petani," ujar Presiden Jokowi.

Baca juga: Mentan Syahrul melepas ekspor 288 ton pinang Jambi ke Pakistan
Baca juga: Kemendag lepas ekspor perdana pinang ke Arab Saudi


 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022