Apalagi saat ini era disrupsi, sehingga butuh kekompakan dan semua pihak harus solid dalam menghadapi perubahan ini
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan generasi milenial dan serikat pekerja menjadi ujung tombak dalam proses transformasi PLN untuk menjadi perusahaan setrum kelas dunia.
 
"Generasi milenial dan serikat pekerja merupakan kekuatan PLN untuk melangkah jauh ke depan. Saat ini semua ada dalam satu platform, satu keluarga dalam satu garis perjuangan," ujarnya saat mengunjungi kantor pusat PLN di Jakarta, Kamis.
 
Menteri Erick mengatakan PLN merupakan jantungnya Indonesia, maka peran PLN terhadap perkembangan dan pertumbuhan bangsa Indonesia menjadi sangat penting.
 
Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia hari ini sangat bergantung pada listrik. Untuk itu, PLN harus terus melakukan inovasi dan eksistensi PLN harus terus didukung agar perseroan berkembang pesat.
 
"Sejalan dengan peran pentingnya sebagai backbone pertumbuhan ekonomi, PLN juga harus menjadi World Class Company, PLN perlu bergerak cepat, PLN perlu menjadi perusahaan yang lebih lincah dan trengginas," kata Erick.
 
Lebih lanjut ia menambahkan untuk mendukung PLN lebih lincah ke depan perlu adanya persamaan visi misi antara pemerintah, jajaran direksi PLN, manajemen, dan juga insan PLN.
 
Kekompakan ini menurut Erick menjadi poin kunci untuk membawa PLN lebih baik ke depannya.
 
"Apalagi saat ini era disrupsi, sehingga butuh kekompakan dan semua pihak harus solid dalam menghadapi perubahan ini," terangnya.
 
Pada kesempatan yang sama, Erick mengapresiasi semangat Serikat Pekerja PLN yang selalu berada di garda depan pada setiap momen-momen penting perusahaan.
 
"Saya sering mendapat laporan, Serikat Pekerja PLN selalu hadir dengan caranya sendiri, selalu punya semangat untuk memajukan PLN. Jadi, saya berharap serikat pekerja ini dijadikan sebagai kekuatan yang semakin terintegrasi, satu padu," ucapnya.
 
Ketua Serikat Pekerja PLN Ali Abrar menjelaskan dukungan dari Menteri Erick merupakan bukti nyata dari pemerintah dalam mendorong PLN menjadi perusahaan yang lincah dan terdepan dalam melayani masyarakat.
 
"Melalui transformasi, PLN berkomitmen untuk semakin memberikan kontribusi nyata bagi bangsa dan masyarakat. Dukungan dari pemerintah merupakan penyemangat bagi seluruh insan PLN," kata Ali.
 
Perwakilan Milenial PLN Santika Aristi menurutkan dalam menjawab tantangan zaman saat ini seperti kemajuan teknologi perlu keterlibatan aktif peran generasi muda yang mudah beradaptasi. Ia juga menilai PLN memberikan ruang yang luas bagi insan muda mengembangkan potensinya.
 
"Sehingga generasi muda bisa berkontribusi lebih bagi masyarakat dan membawa PLN lebih baik lagi ke depan," pungkas Santika Aristi.

Baca juga: Erick Thohir: Generasi muda harus siap jadi penggerak ekonomi
Baca juga: Erick Thohir: BUMN harus jadi pembuka jalan bagi generasi muda
Baca juga: PLN siapkan listrik hijau untuk kendaraan listrik di Indonesia

 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022