Jurnalis ini merupakan agen perubahan yang mengedukasi dan memotivasi publik, serta membangun semangat optimisme kebangkitan UMKM Indonesia
Pontianak (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengukuhkan sebanyak 36 jurnalis dari berbagai media se-Indonesia yag berhasil mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan tingkat magister (S2) melalui program BRI Fellowship Journalism 2021.

"Mereka tersaring dari 972 jurnalis se-Indonesia yang mendaftarkan diri sebagai peserta dan setelah mengikuti lima tahap seleksi dan akhirnya terpilih 36 jurnalis. Ke-36 jurnalis ini akan melanjutkan pendidikan magister (S2) di perguruan tinggi negeri (PTN) yang mereka pilih, dengan minat dan jurusan yang sesuai dengan keinginannya," kata Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto saat menyampaikan sambutannya secara online di Jakarta, Kamis.

Untuk itu, ia mengucapkan selamat bagi para penerima beasiswa. Menurutnya, para jurnalis ini merupakan agen perubahan yang mengedukasi dan memotivasi publik, serta membangun semangat optimisme kebangkitan UMKM Indonesia.

Aestika memberikan apresiasi kepada seluruh peserta yang mengikuti program tersebut. Bagi yang belum mendapatkan beasiswa, lanjutnya, jangan berkecil hati, sebab karya-karya mereka sesungguhnya telah berbuah optimisme kebangkitan perekonomian Indonesia, khususnya terkait UMKM.

Pandemi COVID-19 berdampak pada perekonomian masyarakat di banyak negara, termasuk di Indonesia. Tidak terlepas pada pelaku UMKM di Indonesia yang juga kena imbasnya, yang berdasarkan data Bank Indonesia sebanyak 87,5 persen pelaku UMKM terkena dampak tersebut.

BRI, kata dia, terus berkomitmen untuk mendorong pemulihan UMKM yang terdampak pandemi, memajukan UMKM agar naik kelas, mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

"Melalui BRI Fellowship Journalism 2021, BRI melibatkan jurnalis sebagai agen perubahan melalui peningkatan peran pers sebagai institusi dengan fungsi edukasi dan motivasi publik, membangun semangat optimisme kebangkitan UMKM Indonesia," tuturnya.

Pemberian Beasiswa BRI Peduli kepada para jurnalis ini diharapkan mampu memberikan kesempatan bagi para jurnalis yang bercita-cita melanjutkan pendidikannya tetapi terkendala oleh pandemi.

Di tempat yang sama, Dinne Shovia Tresna Amalia, selaku Department Head CSR BRI mengatakan, program beasiswa untuk jurnalis ini merupakan yang ketiga kali dilaksanakan.

"Mulai dari tahun 2013 ada 24 orang dan angkatan kedua di tahun 2017 ada 27 orang dan tahun 2021 ada 36 orang, atau setiap tahunnya mengalami peningkatan peserta," tuturnya.

Dia menambahkan, BRI memberikan beasiswa S2 kepada para jurnalis agar mereka bisa meningkatkan pengetahuan, pendidikan dan keilmuannya.

"Semoga program ini memberikan manfaat besar bagi kawan-kawan jurnalis," katanya.

Baca juga: BRI akan salurkan 60 persen KUR 2022 ke UMKM sektor produktif
Baca juga: BRI salurkan beasiswa untuk 36 insan media
Baca juga: BRI beri beasiswa bagi 1.800 anak tenaga pendukung kesehatan

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022