Malaysia targetkan 60 medali emas SEA Games

Malaysia targetkan 60 medali emas SEA Games

SEA Games XXVI 2011 Jakarta-Palembang, Indonesia 11-25 November 2011. (FOTO.ANTARA News)

Jakarta (ANTARA News) - Malaysia menargetkan meraih 60 medali emas pada SEA Games Ke-26 di Jakarta dan Sumatera Selatan, 11-22 November mendatang. Target Malaysia ini diungkapkan Ketua Kontingen SEA Games Malaysia, Datuk Naim Mohamad di Jakarta, Rabu.

Kontingen SEA Games Malaysia berkekuatan 650 atlet. Pada sejumlah cabang olahraga, Malaysia bahkan tidak lagi mengandalkan atlet lapis pertama atau atlet elite, misalnya pada cabang olahraga balap sepeda dan bulutangkis.

"Para pembalap sepeda terbaik kami akan kami kirim KE Kejuaraan Balap Sepeda Trek Dunia di Asthana, Kazakhstan, 3-7 November mendatang, hampir bertepatan dengan penyelenggaraan SEA Games. Kami kirimkan mereka ke sana karena kejuaraan ini juga merupakan babak kualifikasi Olimpiade London 2012," tutur Datuk Naim.

Pada cabang bulutangkis Malaysia juga tidak akan menampilkan pemain tunggal putra terbaiknya, Lee Chong Wei. Di cabang olahraga bulutangkis ini pun para pemain elite Malaysia juga lebih difokuskan untuk mencari poin agar lolos ke Olimpaide London 2012.

Dia jelaskan lebih lanjut bahwa kontingen Malaysia kali ini bermaterikan kombinasi atlet junior dan senior. Mereka akan mengikuti pertandingan 38 cabang olahraga dari 43 yang dipertandingkan pada SEA Games mendatang. Di antara cabang olahraga yang tidak akan diikuti Malaysia yaitu vovinam (semacam pencak silat Vietnam), gulat, dan dayung perahu naga (tradisional boat racing).

Tentang persiapan Malaysia menghadapi SEA Games kali ini, menurut Datuk Naim, tidak ada persiapan khusus. Dia ungkapkan bahwa para atlet Malaysia mulai berlatih sejak SEA Games Laos, 2009 usai. ?Begitu SEA Games Laos selesai para atlet kami kembali berlatih seperti biasa,? Datuk Naim memaparkan.

Menambahi penjelasan tersebut Direktur Sport Manajemen Dewan Olahraga Malaysia, Dato' Hj. AB. Jalili Hj. Abdullah bahwa terdapat 48 cabang olahraga yang dibina di Malaysia. Setiap tahun Di Malaysia diadakan pesta olahraga nasional, namun hanya untuk separuh dari total jumlah cabang olahraga.

"Jadi setiap tahun ada kejuaraan multilomba nasional yang diikuti 24 cabang olahraga. Tahun berikutnya giliran 24 cabang olahraga sisanya. Namun untuk tahun 2011 ini hanya akan ada 19 cabang olahraga. Pesertanya yaitu para atlet usia di bawah 21 tahun, Hal ini untuk menambah jam terbang atau frekuensi pertandingan para atlet. Kami sadar para atlet sangat memerlukan pengalaman bertanding agar mereka matang," AB Jalil menambahkan.

Kehadiran dua petinggi olahraga Malaysia di Jakarta ini untuk melihat langsung persiapan Indonesia menyelenggarakan SEA Games ke-26. Dua pejabat olahraga Malaysia ini juga mengikutsertakan 20 wartawan olahraga. Mereka hanya melihat persiapan Jakarta menggelar SEA Games. Selain melihat tempat-tempat pertandingan mereka juga melihat Main Press Center SEA Games Ke-26 di kompleks Gelora Bung Karno. Sementara persiaan di Palembang mereka tidak melihat karena pertimbangan waktu.

Sejumlah wartawan Malaysia mengaku selama ini mereka memantau persiapan Palembang melalui berbagai situs web Indonesia.  (ANT-133)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Sumbangan 1000 paket beras untuk TKI di Malaysia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar