Banda Aceh (ANTARA) - Pelajar di Kota Sabang, Provinsi Aceh, mengisi rutinitas bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah dengan kegiatan Dinul Islam, baik pelajar taman kanak-kanak hingga tingkat pelajar sekolah menengah atas.

Salah satunya seperti para pelajar SMP Negeri 1 Sabang yang sangat antusias dalam mengikuti program Dinul Islam, sejak mulai 11-23 April 2022 mendatang atau sepanjang Ramadhan.

"Antusias siswa sangat besar, karena di setiap kelas hanya satu atau dua orang yang tidak hadir,” kata Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Sabang Azizah di Kota Sabang, Selasa.

Azizah menjelaskan Dinul Islam diisi dengan pembelajaran agama, sesuai dengan materi yang telah disediakan sekolah maupun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sabang.

Sementara untuk tenaga pengajar, pihak sekolah juga menghadirkan ustadz dan beberapa pihak lain, termasuk dari institusi kepolisian.

“Pembelajarannya fokus terkait keagamaan. Jadi dari pertama tadi pembukaan sudah kita isi dengan pembacaan yasin, kultum, Shalat Dhuha, dilanjutkan dengan materi pembelajaran agama,” katanya.

Program tahunan ini dilakukan dalam rangka mengisi proses belajar mengajar selama bulan suci Ramadhan bagi pelajar tingkat PAUD/TK, SD, SMP dan SMA se Kota Sabang.

Menurut Azizah, kegiatan Dinul Islam dapat membentuk karakter dan meningkatkan akhlak siswa menuju karakter Islami sesuai dengan keteladanan Rasulullah SAW.

Pihak sekolah juga mengadakan berbagai perlombaan keagamaan pada akhir pelaksanaan Dinul Islam guna meningkatkan motivasi pelajar. Tentu perlombaan sesuai dengan materi yang diajarkan seperti baca tulis Quran, praktek wudhu, praktek sholat berjamaah, sholat jenazah hingga hafalan surah.

“Apa yang sudah dipelajari, nanti akan diperlombakan pada 21-22 April. Besoknya, pembagian hadiah sekaligus penutupan, ujarnya.

Program Dinul Islam selama Ramadhan diharapkan dapat melahirkan pelajar yang berakhlakul kharimah, rajin dan taat beribadah dalam kehidupan, serta menjadi anak yang berguna bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat dan agama.*

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022