...tim review bersepakat menunggu hasil Piala Futsal AFF, apabila hasilnya masuk final maka mereka akan berangkat dengan potensi meraih perak
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Ferry J Kono menegaskan bahwa KOI hanya akan memberangkatkan tim futsal putra ke SEA Games 2021 Vietnam karena berpeluang menyumbang medali dalam multievent yang penyelenggaranya ditunda satu tahun itu.

Pernyataan tersebut disampaikan Ferry merespons keinginan Federasi Futsal Indonesia (FFI) yang disebut justru meminta agar tim putri yang dikirimkan ke SEA Games.

Ferry menjelaskan bahwa pada awalnya futsal tidak masuk dalam daftar 31 cabang olahraga yang akan dikirimkan ke SEA Games karena kemungkinan hanya mampu merebut perunggu. Sementara cabang olahraga non-DBON ditargetkan setidaknya bisa meraih medali perak.

Baca juga: Kemenpora siap berangkatkan tim futsal putra ke SEA Games Vietnam

Namun kemudian futsal direkomendasikan untuk dikirimkan ke SEA Games setelah pencapaian mereka menembus final Piala Futsal AFF 2022.

“Tapi tim review bersepakat menunggu hasil Piala Futsal AFF, apabila hasilnya masuk final maka mereka akan berangkat dengan potensi meraih perak. Dari situlah tim review mengundang FFI guna memaparkan sampai tiga kali,” ungkap Ferry saat dihubungi media di Jakarta, Selasa.

“Tapi Binpres (Bidang Pembinaan dan Prestasi) FFI tetap menyatakan FFI tetap memberangkatkan tim putri. Namun karena tim putri berpotensi meraih perunggu maka mereka masuk kelompok yang tidak diberangkatkan,” jelas dia.

Ferry pun menegaskan bahwa KOI hanya akan memberangkatkan tim futsal putra ke SEA Games 2021 atau tidak sama sekali, mengingat yang mengurus pendaftaran cabang olahraga adalah KOI.

Baca juga: Tim review disebut dari awal rekomendasikan futsal putra ke SEA Games

Terkait masa pendaftaran entry by name yang sudah berakhir pada 31 Maret lalu, Ferry menjelaskan bahwa KOI sudah mengirimkan surat permohonan kepada Vietnam SEA Games Organizing Committee untuk menunda proses pendaftaran Indonesia.

“Panitia pelaksana SEA Games memberikan izin kepada kami untuk menunda pendaftaran untuk futsal putra maupun putri karena mereka tahu kami sedang bermain di AFF,” ucap Ferry.

“Tapi keputusan final akan diputuskan dalam rapat Rabu besok. Dan kami akan menyampaikan ke panitia pelaksana, pilihannya antara tim putra yang didaftarkan atau tidak sama sekali,”

Hasil undian futsal SEA Games 2021 sudah dirilis dan hanya lima negara yang berpartisipasi, yakni Thailand, Vietnam, Indonesia, Myanmar, dan Malaysia.

Baca juga: PSSI: Timnas futsal tunjukkan perjuangan luar biasa di Piala AFF 2022

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022