Surabaya (ANTARA) - Konsulat Jenderal Australia di Surabaya memberikan pujian terhadap kinerja Kanwil Kemenkumham Jawa Timur sebagaimana dikatakan Konsul Jenderal Australia di Surabaya, Fiona Hoggart, saat berkunjung ke Kantor Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur di Surabaya, Selasa.

Dengan didampingi Staf Konsuler Konsulat Jenderal Australia di Surabaya, Arlen Hehakaya, Hoggart diterima Plt Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Surabaya, Wisnu N Dewanto, dan Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Surabaya, Hendro Tri Prasetyo.

Baca juga: Konjen Australia kunjungi Kampung KB di Pangkep

Hoggart menjelaskan, kunjungan itu dalam rangka silaturahmi dan untuk menggali informasi terkait dengan situasi dan kondisi warga negara Australia di Surabaya. "Apalagi dalam waktu dekat akan dilaksanakan Pemilu di Australia, sehingga kami perlu mengetahuinya," kata dia, dalam keterangan pers.

Meski baru tiba di Surabaya pada Februari lalu, dia mengaku sudah mendapat banyak informasi terkait Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Surabaya terutama sinergitas yang dibangun selama ini dengan lapas dan imigrasi.

Baca juga: Konjen Australia: Bali tetap tujuan wisata

Untuk Lapas sendiri, lanjutnya, diketahui ada warga negara Australia yang terlibat kasus hukum dan menjalani masa pidana di tiga LP di Jawa Timur. "Ada di LP Porong, LP Malang, dan LP Banyuwangi," katanya.

Sementara untuk Imigrasi, pihak Konsulat Jenderal Australia di Surabaya mengakui banyak dibantu saat membutuhkan informasi maupun berkoordinasi terkait permasalahan warga negaranya.
"Kami banyak dibantu dan tidak ada kendala sama sekali,” ujar perempuan yang cukup fasih berbahasa Indonesia tersebut.

Baca juga: Konsul RI Temui Para Nahkoda Kapal Nelayan yang Ditahan Australia

Sementara itu Dewanto sudah menjadi tugas setiap pegawai Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Surabaya memberikan pelayanan kepada siapapun yang membutuhkan. Hal itu juga sebagai bagian dari kerja sama dengan pihak eksternal.

Karena itu dia meminta kepada Konsulat Jenderal Australia di Surabaya apabila ada persoalan silahkan dikoordinasikan secara baik. "Komunikasi itu penting. Karena sedini mungkin info itu tersampaikan akan lebih baik untuk kedua belah pihak," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022