Jakarta (ANTARA) - Dynamo Kyiv yang menjadi klub sepak bola tersukses di Ukraina, mengawali tur Eropa untuk menggalang dana bagi negaranya yang dilanda perang itu dengan menggelar pertandingan persahabatan melawan Legia Warsawa di Polandia, Selasa.

Liga Ukraina tidak dilanjutkan setelah liburan musim dingin dan ditunda tanpa batas waktu yang ditentukan setelah diinvasi Rusia pada 24 Februari.

Pemain kedua klub yang sama-sama mengenakan bendera Ukraina itu mengheningkan cipta selama satu menit sebelum kickoff demi mengenang korban konflik.

Baca juga: Pemain Brazil di Ukraina minta bantuan evakuasi
Baca juga: Viktor Kovalenko lelang jersey Spezia demi Ukraina

Pertandingan itu dihadiri oleh lebih dari 20.000 orang di bawah spanduk besar "Hentikan Perang" yang dipajang di salah satu ujung lapangan. Spanduk lainnya bertuliskan "Hentikan Rusia Sekarang juga".

Uang yang terkumpul akan disumbangkan kepada organisasi-organisasi yang membantu jutaan warga Ukraina yang telah meninggalkan kampung halaman mereka.

Dynamo yang menjuarai liga utama Ukraina 16 kali itu memenangkan pertandingan tersebut dengan skor 3-1.

Tim ini akan melakukan perjalanan ke Istanbul untuk bermain menghadapi Galatasaray sebelum menuju Bucharest.

Klub ini mengatakan akan menggelar pertandingan lain melawan Manchester City, Barcelona, ​​​​Paris Saint-Germain (PSG) dan AC Milan, demikian AFP.

Baca juga: Lewat platformnya, Shevchenko bertekad bantu Ukraina lawan Rusia
Baca juga: Buntut sanksi bertubi-tubi, Rusia berencana keluar UEFA dan gabung AFC

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022