Jakarta, 28/10 (ANTARA) - Indonesia menyatakan siap dengan komitmen yang tinggi dalam kepemimpinan di CTI-CFF, demikian ditegaskan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C. Sutardjo pada pertemuan 3rd Ministerial Meeting (MM3) Coral Triangle Initiative-Coral Reefs, Fisheries and Food Security (CTI-CFF) di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta (28/10).

     Lebih lanjut dikatakan Cicip, bahwa MM3 telah menghasilkan beberapa kesepakatan antara lain: Pertama, disetujuinya dokumen hukum pendirian sekretariat regional permanen CTI-CFF; Kedua, Sekretariat regional permanen tersebut diberikan kewenangan yang lebih luas, sehingga akan memperkuat statusnya sebagai entitas hukum internasional (International Legal Entity); dan  Ketiga, adanya dukungan yang kuat baik dari negara donor, yaitu Amerika Serikat dan Australia dan mitra seperti Asian Development Bank (ADB),Global Environment Facility (GEF), WWF, TNC, dan CI.

     Negara yang tergabung dalam CT-6 donor dan mitra memberikan apresiasi yang tinggi kepada kepemimpinan Indonesia dalam CTI-CFF yang telah berhasil memfasilitasi berbagai program dan kegiatan sejak tahun 2009, yaitu antara lain fasilitasi pertemuan antar pemangku kepentingan masyarakat dalam pelestarian terumbu karang dan ketahanan pangan. Lebih lanjut dukungan juga diberikan oleh beberapa negara seperti Amerika Serikat yang menyatakan komitmen untuk lebih meningkatkan bantuan pendanaan, bahkan Australia telah menyampaikan tambahan bantuan untuk CTI-CFF, selain itu dukungan juga diberikan dalam bentuk capacity building.

     Dengan telah ditanda tanganinya Joint Ministerial Statement, yaitu menyepakati persetujuan pendirian sekretariat regional permanen selanjutnya masing-masing negara segera menyiapkan dokumen pendirian sekretariat regional permanen. Sementara proses ini berjalan, sekertariat regional sementara yang ada di Indonesia tetap melaksanakan Regional Plan Of Action dan masing - masing negara mengakselerasi pelaksanaan National Plan Of Action negara tersebut.  Maka diharapkan akan lebih mempercepat program-progam aksi selanjutnya yang tertuang dalam  Regional Plan Of Action (RPoA) maupun National Plan Of Action (NPOA). Salah satu komitmen Indonesia selanjutnya adalah membangun Gedung Sekretariat Regional Permanen di Manado, Sulawesi Utara.

     MM3 dan SOM7 CTI-CFF dilaksanakan pada tanggal 24-28 Oktober 2011 di Sari Pan Pacific Hotel Jakarta diikuti oleh Negara anggota CTI-CFF yakni Indonesia, Malaysia, Timor Leste, Papua New Guinea, Philipina dan Negara Kepulauan Solomon.

     Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Dr. Yulistyo Mudho, M.Sc, Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan.(HP. 0811836967)

 


Pewarta: Masnang
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011