New York (ANTARA News) - Saham AS dibuka turun Senin di tengah meningkatnya skeptisme tentang kesepakatan utang zona euro minggu lalu, dan karena investor memperkuat untuk menghadapi minggu penuh kejadian penting di AS dan internasional.

Dow Jones Industrial Avarage jatuh 82,88 poin (0,68 persen) menjadi 12.148,23 di menit pertama perdagangan, lapor AFP.

Nasdaq Composite tumbang 30,61 poin (1,12 persen) menjadi 2.706,54, sedangkan index S&P 500, takaran pasar lebih luas, tergelincir 11,20 poin (0,87 persen) menjadi 1.273,88.

"Saham AS dipastikan akan meengawali minggu dengan nada asam, berkat pudarnya optimisme kesepakatan utang zona euro yang amat diantisipasi minggu lalu," kata Andrea Kramer di Schaeffer's Investment Reseach.

"Lebih jauh, nampaknya Wall Street melakukan pendekatan hati-hati terhadap minggu penuh sesak dengan item-item penting di agenda, termasuk KTT para pemimpin G20, konferensi pers dengan Ketua the Fed Ben Bernanke, dan serangan gencar data pengangguran."

The Fed dicatat akan mengumumkan keputusan kebijakan moneter terakhirnya Rabu, sedangkan Jumat pemerintah melaporkan jumlah lapangan kerja Oktober.

Menambah pada ketidakpastian Wall Street adalah laporan bahwa perusahaan pialang MF Global hampir mengajukan perlindungan pailit.

Indeks tiga saham ditutup hampir mixed Jumat namun naik lebih dari tiga persen dalam minggu tersebut, ditopang kabar Kamis bahwa para pemimpin Uni Eropa mencapai kesepakatan utang zona euro. (K004)

Penerjemah: Kunto Wibisono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011