Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat mengembangkan berbagai potensi wisata di Desa Dogang, Langkat, Sumatera Utara, dengan mengusung konsep ekowisata berbasis komunitas.

"Mari kita kolaborasi untuk mengimplementasikan community based tourism dan ini perlu kolaborasi semua pihak. Bukan hanya desa, tapi juga DPR, kementerian, pemerintah daerah, dan semua mewujudkan hal ini sehingga menghasilkan dampak positif dari segi sosial, ekonomi, budaya, serta lingkungan secara berkelanjutan," kata Menparekraf Sandiaga Uno saat berkunjung ke Desa Dogang lewat keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Salah satu destinasi wisata di Desa Dogang ialah Doremi River yang sudah didirikan di lokasi bekas tambak udang sejak tahun 2020.

Baca juga: Sandiaga ajak generasi muda jadikan Indonesia pusat ekowisata dunia

Doremi River atau Dogang Resto Milenial River disebut menyediakan banyak pondok lesehan, camilan, spot foto instagrammable, wahana bermain bebek dayung untuk anak-anak, dan makanan serta minuman dengan harga terjangkau.

Karena itu Sandiaga mengapresiasi inisiatif masyarakat Desa Dogang karena memanfaatkan potensi desa wisata yang dimiliki untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi warga setempat.

“Hal ini merupakan tren pariwisata terbaru di Indonesia, di mana masyarakat berinisiatif untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di daerahnya,” ungkap Sandiaga.

Dalam kesempatan yang sama, Menparekraf juga mendorong Desa Dogang didaftarkan ke situs Jejaring Desa Wisata (Jadesta). “Sehingga nantinya, Desa Dogang bisa kita beri intervensi kebijakan-kebijakan seperti penanaman mangrove,” ucap dia.

Baca juga: Kabupaten Langkat perkenalkan Wisata Tidur Sawah
Baca juga: Hutan mangrove Langkat kawasan wisata belajar


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022