Jakarta (ANTARA) - Pesawat luar angkasa berawak Shenzhou-13 yang membawa tiga astronaut China, yaitu Zhai Zhigang, Wang Yaping, dan Ye Guangfu, memisahkan diri dari modul inti stasiun luar angkasa Tianhe pada Sabtu (16/4) pukul 00.44 Waktu Beijing atau Jumat (15/4) pukul 23.44 WIB.

Ketiga astronaut tersebut telah tinggal dan bekerja di kompleks stasiun luar angkasa Tianhe selama 183 hari, masa tinggal terlama di luar angkasa oleh astronaut China dalam satu misi, menurut Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA).

Sebelum pemisahan tersebut, para astronaut telah menyelesaikan berbagai pekerjaan, seperti mengatur status kompleks stasiun luar angkasa, menyortir dan mengunduh data eksperimen, serta membersihkan dan memindahkan pasokan yang disimpan di orbit, dengan dukungan dari staf ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) di Bumi, kata CMSA.

Ketiganya akan segera memulai perjalanan pulang mereka ke Bumi saat pesawat luar angkasa Shenzhou-13 memasuki kembali atmosfer Bumi pada waktu yang tepat di bawah kendali darat.

Ketiga astronaut China itu dikirim ke luar angkasa dengan pesawat antariksa Shenzhou-13 dan memasuki Tianhe pada 16 Oktober 2021. Mereka telah menyelesaikan berbagai tugas selama beberapa bulan terakhir, termasuk dua aktivitas di luar pesawat (extravehicular activity/EVA), dua kuliah umum sains langsung, serta sejumlah eksperimen iptek dan proyek-proyek terapan. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022