Beijing (ANTARA News) - Dua gempa melanda daerah-daerah terpisah di China, Selasa, kata Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), tetapi belum ada segera laporan mengenai korban atau kerusakan serius di kedua daerah itu.

Gempa berkuatan 5,4 skala Richter melanda satu daerah terpencil wilayah Xinjiang, China barat laut, sementara satu gempa lagi yang berkekuatan 5.5 skala Richter melanda daerah perbatasan Sichuan-Gansu di barat daya.

Gempa Xinjiang, yang menurut USGS sebelumya berkekuatan 6.0 skala Richter terjadi pukul 08:21 waktu setempat (07:21 WIB) sekitar 96 km timur kota Yining, pada kedalaman 27 km.

Xinjiang adalah satu wilayah luas berpenduduk sekitar 20 juta jiwa, sembilan juta jiwa di antaranya adalah warga Uighur, etnik minoritis berbahasa Turki yang beragama Islam.

Seorang pejabat di kantor gempa Xinjiang mengemukakan kepada AFP bahwa dia tidak mendapat laporan mengenai korban.

Gempa berkekuatan 5,2 skala Richter melanda daerah itu Agustus, mencederai setidaknya 26 orang, tiga dari mereka parah, dan menghancurkan lebih dari 30 gedung.

Gempa di China barat daya terjadi pukul 05:58 (04:58 WIB) sekitar 49 km barat laut bagian barat Guangyuan, provinsi Sichuan, satu daerah yang dilanda gempa berkekuatan 8.0 skala Richter tahun 2008.

Seorang pejabat di daerah Qingchuan yang dlanda gempa mengemukakan kepada AFP: "gempa tidak sangat serius".

Seorang pejabat lainnya mengatakan gempa itu meretakkan dinding dan memporakporandakan atap rumah di daerah-daerah pegunungan tetapi tidak ada laporan mengenai korban-korban atau kerugian ekonomi, demikian AFP melaporkan.

(SYS/H-RN/M016)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011