New York (ANTARA News) - Sebuah yayasan Indonesia yang berbasis di Yogyakarta, Kampung Halaman,  mendapat penghargaan dari Ibu Negara Amerika Serikat, Michelle Obama, berupa "2011 National Arts and Humanities Youth Program Awards".

Penghargaan yang diberikan bagi organisasi dengan kegiatan kreatif remaja di luar jam sekolah itu, secara langsung diserahkan oleh Michelle Obama di Gedung Putih, Washington DC.

Penghargaan "2011 National Arts and Humanities Youth Program Awards" dari Michelle diterima oleh wakil Kampung Halaman, M. Zamzam Fauzanafi dan Muchamad Fajar Ismail, yang didampingi oleh isteri Dubes RI untuk AS, Rosa Rai Djalal.

Menurut keterangan pers dari Kedutaan Besar RI di Washington, penghargaan bagi Kampung Halaman diberikan karena yayasan tersebut dipandang sebagai organisasi yang efektif dalam mengembangkan proses belajar dan keahlian bagi remaja melalui program yang mereka jalankan di bidang seni dan kemanusiaan.

Dalam pidato sambutannya, Michelle Obama secara khusus menyebut Kampung Halaman sebagai yayasan yang positif mendorong kreativitas remaja dalam menumbuhkan kepedulian terhadap kemiskinan dan hak-hak kaum perempun melalui produksi video pendek.

Yayasan Kampung Halaman sendiri menjadi satu-satunya lembaga di luar AS yang menerima "2011 National Arts and Humanities Youth Program Awards".

Selain Kampung Halaman, 12 lembaga lainnya yan berasal dari berbagai penjuru Amerika Serikat juga dianugerahi penghargaan yang sama oleh Ibu Negara AS.

Kampung Halaman merupakan yayasan yang memusatkan kegiatan pada pengembangan keahlian remaja dengan menggunakan media audio-visual berbasis kemasyarakatan dalam mendorong kegiatan positif remaja, antara lain pembelajaran dan produksi video-video yang bertemakan kemanusian maupun masalah sosial-pendidikan.
(TNY/Z002)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011