Apresiasi yang tinggi atas komitmen Pemerintah Spanyol untuk terus mendukung kedaulatan Indonesia.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin mengapresiasi komitmen Pemerintah Spanyol untuk terus mendukung kedaulatan Indonesia sebagai sebuah bangsa, yang terus menguatkan integritas teritorial negara.

"Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas komitmen Pemerintah Spanyol untuk terus mendukung kedaulatan Indonesia," kata Wapres Ma'ruf saat menerima audiensi Duta Besar Kerajaan Spanyol untuk Indonesia Francisco Aguilera Aranda, di Kantor Wapres, Jakarta, Senin.

Wapres menuturkan bahwa sudah semestinya Spanyol dan Indonesia menegaskan komitmen bersama untuk menegakkan integritas teritorial setiap negara, terlebih di tengah adanya upaya separatisme yang sama-sama mengancam keamanan kedua negara.

Wapres juga berharap Pemerintah Spanyol mendukung keberhasilan Presidensi G20 Indonesia untuk mengatasi berbagai tantangan ekonomi global saat ini.

Dia menekankan Presidensi G20 Indonesia terus mendorong terciptanya perdamaian dan memahami pentingnya untuk menghentikan peperangan di Ukraina.

Indonesia juga tidak akan menyia-nyiakan harapan masyarakat di negara berkembang terhadap upaya konkret G20 untuk mengatasi dampak ekonomi pascapandemi.

Wapres juga mendorong peningkatan kerjasama Indonesia-Spanyol di bidang keagamaan, budaya, dan pendidikan sebagai upaya merekatkan rasa saling pengertian antarmasyarakat kedua negara.

Menyambut harapan Wapres, Dubes Aguilera mengungkapkan bahwa Spanyol adalah tamu permanen dalam perhelatan G20, sehingga sangat penting untuk bekerjasama dengan Indonesia.

Aguilera memastikan bahwa Spanyol sangat mendukung kedaulatan Indonesia, sebagaimana Indonesia juga telah mendukung kedaulatan Spanyol.

“Untuk mendukung kedaulatan tersebut, kami juga menghormati prinsip-prinsip dan norma peraturan internasional khususnya terkait konvensi laut,” katanya pula.

Khusus terkait dialog antaragama, Aguilera meyakini Indonesia dan Spanyol memiliki suatu mekanisme yang sama untuk mendukung dan mempromosikan kehidupan beragama yang harmonis.

Terkait kerja sama budaya, Aguilera menuturkan bahwa dirinya ingin mempromosikan pertukaran bahasa yakni dengan mengajarkan bahasa Indonesia di Spanyol dan sebaliknya.

Terakhir, Dubes Aguilera mengapresiasi Indonesia yang berhasil menangani pandemi dengan baik yang salah satunya melalui kebijakan vaksinasi.

Dia meyakini pada 2024, Indonesia akan dapat menyelenggarakan pemilu dengan baik sebagaimana pemilu-pemilu sebelumnya, yang dapat menjadi rujukan dunia.
Baca juga: Dubes enam negara sahabat untuk RI bawa misi majukan kerja sama
Baca juga: Produk mamin RI catat potensi transaksi sembilan juta dolar di Spanyol

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022