Kegiatan "Syiar Ramadhan Kampus UI" ini merupakan upaya membangun ekosistem kebudayaan di lingkungan sivitas akademika UI
Depok (ANTARA) - Kampus Depok Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan kegiatan "Syiar Ramadhan Kampus UI" untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah.

"Kita perlu menciptakan ruang perjumpaan dari berbagai perbedaan yang dapat menciptakan kebahagiaan bersama agar tercipta saling pengertian. Bulan Ramadhan adalah momentum yang tepat untuk menciptakan ruang perjumpaan tersebut," kepala Makara Art Center UI Al-Zastrouw dalam keterangan di Deppok, Jawa Barat, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan itu diselenggarakan oleh MAC UI bekerja sama dengan Direktorat Kemahasiswaan, Masjid Ukhuwah Islamiyah Kampus UI Depok, Asrama Mahasiswa UI, dan didukung oleh para musisi nasional yang tergabung dalam KOMUJI (Komunitas Musisi Ngaji) dan Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya (PPKB) FIB UI.

"Kegiatan 'Syiar Ramadhan Kampus UI' ini merupakan upaya membangun ekosistem kebudayaan di lingkungan sivitas akademika UI," katanya.

Selain itu, juga dimaksudkan untuk meningkatkan "soft skill" mahasiswa di bidang seni budaya. Dalam acara tersebut para mahasiswa dan sivitas akademika dapat bertemu dan belajar dengan para ahli yang mumpuni di bidangnya dan praktisi dari luar kampus UI.

Direktur Kemahasiswaan UI Badrul Munir mengatakan ajang itu merupakan bagian dari penerapan konsep merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Para ahli dan praktisi dari luar yang datang ke kampus UI dan memberikan pelatihan juga berdiskusi dengan para mahasiswa, dan diharapkan dapat meningkatkan soft skill mahasiswa, sehingga dengan demikian dapat mendorong reputasi dan pemeringkatan kampus UI.

Ada berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam ajang tersebut, antara lain workshop kaligrafi dan seni baca Al Quran di Masjid Ukhuwah Islamiyah Kampus UI Depok, pameran kaligrafi, sarasehan budaya dan Festival Seni Ramadhan (22- 24 April 2021) di MAC UI.

Sarasehan budaya yang akan diselenggarakan pada tanggal 23 April 2022 pukul 15.30 WIB ini akan membahas tema “Seni Religi di Era Digital”, menghadirkan pembicara Dr Endah Triastuti (Dosen Komunikasi Fisip UI), Qaris Tajudin (Redaktur Senior Tempo dan Direktur Tempo Institute), dan Susy Iffaty (Aktivis Media dan PP Lesbumi NU).

Dalam kegiatan Festival Seni Ramadhan akan ditampilkan berbagai seni pertunjukan tradisional maupun kontemporer, di antaranya seni karinding dan Cigawira, hadrah, gambus, kolintang, gamelan dan musik kontemporer.

Para pengisi acara yang hadir di antaranya para artis KOMUJI, Kikan & Hanum, Panji Sakti, Budi Cilok, Gambus Ar-Romania, komunitas Adat Garut dan para seniman dari SKSG UI, FIB dan UKM UI.

Festival Seni Ramadhan ini akan dibuka oleh Wakil Rektor I UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. rar.net, Abdul Haris, M.Sc. pada Jumat, 22 April 2022, pukul 15.30 WIB di MAC UI dan akan disiarkan secara streaming melalui platform youtube, FB dan IG MAC UI.

Baca juga: Festival Seni Ramadhan UI diharapkan tingkatkan kepekaan batin

Baca juga: Makara Art Center UI gelar festival seni Ramadhan

Baca juga: Festival Ramadhan di Makara Art Center UI hadirkan ""Batle Nasyid"

Baca juga: MAC UI gelar tadarus seni Ramadhan Volume 2 secara Online

 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022