Palembang (ANTARA News) - Legenda bulu tangkis putri Indonesia Susi Susanti yang didaulat menyalakan obor raksasa pada upacara pembukaan SEA Games ke-26 mengaku bangga sekaligus deg-degan menjalankan tugas itu.

"Tegang sekaligus bangga, tapi sepenuhnya siap kok. Mudah-mudahan nanti berjalan dengan baik, ya," kata Susi Susanti kepada ANTARA di Palembang, Jumat.

Pada upacara pembukaan SEA Games ke-26 di Gelora Sriwijaya, Kompleks Olahraga Jakabaring Palembang, Susi akan "terbang" dari tiang replika kapal layar Kerajaan Sriwijaya dan membawa tombak api untuk menyalakan obor raksasa ("caldron") SEA Games.

Menurut Susi, tugas itu tergolong cukup sulit, karena ia akan ditarik hingga ketinggian 30 meter melewati kubah obor SEA Games yang akan menyala selama pelaksanaan SEA Games dari tanggal 11 hingga 22 November 2011.

"Tapi saya yakin aman. Saya telah mencobanya beberapa kali," katanya. Teknologi "sling" penarik obor, kata Susi, dikerjakan oleh orang-orang yang berpengalaman dan telah diujicobakan pada beban hingga 90 kilogram. "Jadi kalau hanya mengangkat beban sebesar saya, saya kira cukup kuat dan aman," ujarnya.

Upacara pembukaan SEA Games Palembang diperkirakan akan menjadi perhelatan nan spektakuler yang bakal membuat takjub 16 ribu penonton upacara pembukaan.
(T010/F002)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011