Makassar (ANTARA) - Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Selatan terus berupaya untuk mempertemukan para pelaku UMK dengan para pembeli, khususnya dari luar negeri agar produknya semakin maju dan dikenal luas.

Kepala Dinas Koperasi UKM Sulsel Abdul Malik Faisal di Makassar, Senin, mengatakan pihaknya juga terus mendorong para pelaku UMKM dapat menguasai pasar global.

"Setiap ada kesempatan kita berupaya mempertemukan mereka, baik business to business (B2B) maupun UMKM 2 end user," ujarnya.

Ia menjelaskan, sejauh ini sudah ada beberapa pengusaha atau pelaku UMKM yang berhasil dipertemukan dengan pembeli luar negeri diantaranya dari Turki dan Dubai, Uni Emirate Arab (UEA).

Baca juga: LPDB-KUMKM siapkan Rp100 miliar untuk Kantor Satgas di Sulsel

Baca juga: Pemkot Makassar gelar lomba UKM peringati hari kemerdekaan


Malik Faisal mengatakan pihaknya hanya sebagai jembatan atau penghubung antara pengusaha dan pembeli.

"Antara Pengusaha Sulsel dan Turki sudah menjalin hubungan B2B langsung. Pemprov cuma hadir di awalnya saja, tidak semua transaksi bisnis pemerintah hadir," ujarnya.

Menurut dia, upaya mempertemukan pelaku UMKM dengan pembeli dilakukan karena para pelaku usaha selama ini masih minim dalam hal pemasaran, apalagi selama ini mereka kerap dipertemukan dengan broker atau agen pembeli berkedok pembeli.

Berhubung tidak bertemu langsung dengan pembeli sebenarnya, sehingga proses kerjasama terkadang berjalan lebih lama dan akhirnya batal transaksi.*

Baca juga: Kemenkop bangun Pusat Layanan Usaha Terpadu di Selayar

Baca juga: Kembangkan minyak atsiri, UKM cengkih Bulukumba-Sulsel didampingi FTI-UMI

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022