Jakarta (ANTARA/JACX) - Pada 20 April 2022, sebuah unggahan video yang menampilkan helikopter mendarat darurat di jalan tol menjadi viral di media sosial TikTok.

Sebuah akun bernama Mamo Erfanto yang mengunggah video dan mengklaim sebuah helikopter mendarat di jalan tol Merak.

Unggahan tersebut disukai oleh lebih dari 200 ribu pengguna lain dan mendapatkan komentar dari seribu pengguna lain TikTok.

Apakah memang terdapat helikopter yang mendarat darurat di jalan tol Merak pada 20 April?
 
Unggahan misinformasi yang menyebut terdapat helikopter yang mendarat darurat di tol Merak. Faktanya, helikopter itu milik Basarnas yang melakukan simulasi penyelamatan khusus di jalan tol mendukung kelancaran Mudik Lebaran 2022. (TikTok)


Penjelasan:
Unggahan yang menyatakan terdapat helikopter yang mendarat darurat di jalan tol Merak pada 20 April itu merupakan kabar yang kurang lengkap dan tepat.

Penelusuran ANTARA menemukan, helikopter berwarna jingga itu merupakan aset Badan SAR Nasional (Basarnas) yang melakukan simulasi penyelamatan khusus di jalan tol Tangerang-Banten.

Keterangan resmi terkait simulasi dapat diketahui dari akun Instagram Basarnas, @sar_nasional. Sedangkan video serupa yang menampilkan helikopter mendarat di jalan tol, sebagaimana unggahan di TikTok, dapat dilihat di akun YouTube Basarnas Official.

Adegan helikopter mendarat itu dapat dilihat mulai menit ke-37 dan detik ke-20 pada unggahan di YouTube itu.

Dengan demikian, kabar yang menyatakan terdapat helikopter mendarat darurat di jalan tol Merak merupakan kabar yang kurang tepat atau misinformasi.

Klaim: Helikopter mendarat darurat di tol Merak
Rating: Misinformasi

Cek fakta: Hoaks! Takut dipenjara, pengantar makanan pasrah saat dibegal

Baca juga: Basarnas gelar simulasi SAR di Dermaga Eksekutif Merak hadapi mudik

Baca juga: Kemarin Basarnas siagakan lima helikopter di jalur mudik

Pewarta: Tim JACX
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2022