Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah rusa yang berada di lingkungan Monumen Nasional (Monas) yang mengalami kehausan, mendapat simpati sejumlah kalangan, salah satunya anggota DPRD DKI Jakarta, Wanda Hamidah. Datang dengan rombongan, wanita cantik yang digadang-gadang akan dicalonkan menjadi Gubernur DKI ini membawa makanan berupa wortel dan sejumlah kantong pelastik berisi air.

Wanda yang ditemani oleh Fahira Idris, putri mantan Menteri Perindustiran Fahmi Idris ini menyatakan keprihatinannya  dengan kondisi rusa yang berada di Monas.

"Begitu dapat informasi tentang kondisi rusa di Monas, saya dan kawan-kawan berinisiatif untuk membantu memberi makanan dan minuman rusa di Monas yang pompa airnya rusak sejak tiga bulan, sehingga saya sangat prihatin," kata Wanda yang sangat peduli lingkungan ini saat berbincang, Minggu.

Anggota Komisi E DPRD DKI itu mengatakan dirinya telah menghubungi Dinas Pertamanan Pemprov DKI dan Sudin Peternakan Jakarta Pusat. Wanda meminta dua instansi itu bertanggung jawab atas pompa yang rusak dan nasib rusa-rusa yang kehausan. "Apa Monas sudah cocok untuk ditinggali rusa. Jika tidak, kembalikan ke habitat asal," ungkap politisi PAN ini.

Sementara di tempat yang sama, Ketua Umum Gema Damai, Fahira Idris mengatakan info soal aksi menolong rusa ini disebar via media sosial Twitter. Dia mengatakan masyarakat akan terus mengawasi sampai masalah pompa ini selesai.

"Saya dan kawan-kawan sebagai warga Jakarta tergerak berpartisipasi untuk memberi makan dan minum rusa. Kita akan melakukan kegiatan ini sampai pompa benar-benar selesai," kata Fahira.

Fahira berharap lebih banyak lagi warga Jakarta yang tergerak untuk membantu rusa di Monas. Menurut dia, dalam aksi hari ini diikuti 75 orang dan mengumpulkan 75 kg wortel dan 100 liter air. (*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011