Jakarta (ANTARA) - Badan Pengawas Obat dan Makanan (Food and Drug Administration/FDA) Amerika Serikat (AS) pada Senin (25/4) memperluas persetujuannya terhadap pengobatan COVID-19 Veklury, yang juga dikenal sebagai remdesivir, untuk memasukkan pasien berusia 28 hari ke atas dengan berat badan minimal 3 kilogram yang terinfeksi SARS-CoV-2.

Langkah ini menjadikan Veklury sebagai pengobatan COVID-19 pertama yang disetujui untuk anak-anak berusia di bawah 12 tahun, tutur FDA.

Veklury disetujui untuk anak-anak yang dirawat di rumah sakit, atau terinfeksi COVID-19 dengan gejala ringan hingga sedang dan berisiko tinggi berkembang menjadi parah, menurut FDA.

Sebelumnya, Veklury hanya disetujui untuk mengobati COVID-19 bagi orang dewasa tertentu dan pasien anak-anak berusia 12 tahun ke atas yang memiliki berat badan minimal 40 kilogram.

"Karena COVID-19 dapat menyebabkan sakit parah pada anak-anak, beberapa di antaranya saat ini tidak memiliki pilihan vaksinasi, pilihan pengobatan COVID-19 yang aman dan efektif terus diperlukan untuk kelompok populasi ini," kata Patrizia Cavazzoni, Direktur Pusat Evaluasi dan Penelitian Obat FDA. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022