Bandarlampung (ANTARA) - Terminal Mulyojati Kota Metro, Lampung, mulai mengalami peningkatan penumpang enam hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Iya, mulai kemarin pemudik yang datang sudah meningkat dibanding sebelumnya," kata Kepala Terminal Mulyojati, Dwi Hera Pratiwi, di Metro, Selasa.

Menurutnya, enam hari menjelang Lebaran kedatangan pemudik di Terminal Mulyojati, Kecamatan Metro Barat, Kota Metro, Lampung, mulai mengalami kenaikan. Mayoritas pemudik di terminal tersebut berasal dari Provinsi Jawa Tengah.

"Untuk saat ini mayoritas yang datang ke Kota Metro berasal dari Jawa Tengah khususnya Yogyakarta," ujarnya.

Baca juga: PT HK siapkan skema antisipasi kepadatan arus mudik-balik di JTTS

Baca juga: Basarnas Lampung siagakan KN Basudewa pantau Gunung Anak Krakatau


Kemungkinan pada mudik Lebaran tahun ini jumlahnya akan lebih banyak dibanding mudik Lebaran tahun lalu, lantaran tahun sebelumnya ada larangan untuk mudik.

"Pada tahun ini tidak ada larangan mudik. Jadi kemungkinan akan terjadi peningkatan pemudik dibanding Lebaran tahun lalu," ujarnya pula.

Pihaknya memprediksi puncak arus mudik akan terjadi dua hari menjelang Lebaran atau tepatnya pada tanggal 30 April 2022.

Oleh karena itu pihaknya sudah mempersiapkan jika terjadi lonjakan pemudik, seperti menambah personel yang disiagakan di Terminal Mulyojati.

"Tentu kami sudah mengantisipasi. Selain menambah personel kami juga dibantu taruna magang dari ASDP Palembang dalam pengaturan lalu lintas," ucapnya.

Ia mengimbau para pemudik untuk mengatur waktu dalam melaksanakan mudik lantaran tahun ini diprediksi antusias masyarakat melaksanakan mudik Lebaran sangat tinggi.

"Kemudian yang paling penting adalah tetap menjaga protokol kesehatan, karena saat ini masih dalam pandemi COVID-19," ujarnya pula.*

Baca juga: 17.188 orang naik dan turun melalui Pelabuhan Bakauheni di H-7 Lebaran

Baca juga: Pergerakan pemudik di Terminal Rajabasa masih landai

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi/Hendra Kurniawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022