Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Personel pengaman gabungan dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), Kepolisian Negara RI (Polri) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali melaksanakan simulasi kedatangan kepala negara/pemerintahan di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) di Nusa Dua, Selasa pagi.

Seperti hari Senin (14/11) saat dilaksanakan simulasi semua kendaraan menuju BNDCC dilarang memasuki gerbang dan mereka disuruh untuk parkir di luar halaman gedung BNDCC.

Selain itu, para jurnalis yang biasanya dapat melalui pintu utama gedung BNDCC, saat ini sudah tidak diperkenankan lagi melalui pintu tersebut.

"Media melalui pintu sebelah utara gedung ini," kata salah satu petugas keamanan kepada rombongan jurnalis asing.

Simulasi acara kedatangan para kepala negara /pemerintahan kali ini dipantau langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi.

Simulasi dilaksanakan untuk penyambutan para kepala negara dan pemerintahan yang menghadiri pelaksanaan KTT ke-19 ASEAN, KTT ASEAN+3 dan KTT ke-enam Asia Timur di Nusa Dua.

Acara tersebut yang rencananya akan dihadiri Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Untuk mengamankan pelaksanaan KTT ASEAN 2011 yang akan dihadiri 16 pimpinan negara ASEAN dan negara-negara mitra wicaranya, pemerintah mengerahkan sekitar 15 ribu aparat TNI dan Polri dari berbagai satuan.

Dari 15 ribu personel yang dikerahkan itu, 7.562 orang berasal dari Komando Operasional Pengamanan TNI, 750 orang dari Satgas Pengamanan VVIP dan 2.563 orang dari Satgas Pengamanan Wilayah.

Selain itu, terdapat pula Satgas Pengamanan Laut sekitar 600 personel, Satgas Pengamanan Udara 300 personel, satuan intelijen sekitar 200 personel dan aparat Polri sekitar 1.799 personel.

Sementara sejumlah alat utama sistem senjata disiagakan, seperti 16 unit panser ANOA, enam unit helikopter yang terdiri atas Mi-17, Mi-35, Bell-412, dan Puma.

Disiagakan pula satu "flight" pesawat tempur F-16 Fighting Falcon, tiga kapal perang, tiga unit "sea rider" dan satu baterai rudal Batalyon Arhanud sembilan pucuk.

Sejumlah alat utama sistem senjata itu tergelar di area Nusa Dua dan sekitarnya. Namun, beberapa lainnya disiagakan di sejumlah lokasi lainnya.

Acara dipusatkan Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) juga akan dilangsungkan di Bali International Convention Center (BICC) yang juga berada di kompleks Nusa Dua.

KTT ke-19 ASEAN akan dihadiri para pimpinan Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam.

Kepala negara/pemerintahan China, Korea Selatan, dan Jepang juga akan hadir dalam KTT ASEAN+3 dan KTT Asia Timur.
(*)



Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011