Sumatera Selatan (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumatera Selatan memasangkan rambu lalu lintas di Jalan Alternatif Lintas Sumatera di daerah ini untuk menunjang kelancaran arus mudik Lebaran 2022.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan PALI Slamet Suhartopo di PALI, Rabu, mengatakan rambu lalu lintas tersebut dipasang di sepanjang Jalan Alternatif Lintas Sumatera ruas Pendopo-Semangus-Talang Ubi yang berbatasan dengan Kabupaten Musi Rawas.

“Pemasangan tersebut dilakukan supaya para pemudik lebih nyaman, setelah jalan yang baru selesai dibangun itu direkomendasikan pemerintah provinsi sebagai jalan alternatif lintas Sumatera,” kata dia.

Dia menjelaskan ruas jalan tersebut juga menjadi jalur alternatif pemudik dari arah Provinsi Jambi atau Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan menuju Kota Palembang, bila Jalan Lintas Timur (Jalintim) ruas Banyuasin-Palembang macet parah.

Baca juga: Jalur Lintas Tengah Kabupaten OKU Sumsel mulai ramai pemudik

Untuk melintasi jalan tersebut, kata dia, pemudik bisa masuk melalui Jembatan Musi Kota Sekayu, Musi Banyuasin hingga menemukan pertigaan di ujung jalan, lalu mengambil lajur kiri di Jalan Merdeka-Raya Pendopo kemudian keluar di Simpang Belimbing, Kota Prabumulih, kemudian pemudik tinggal mengikuti arah jalan untuk ke Kota Palembang.

“Bisa mempersingkat waktu perjalanan tanpa melintasi Banyuasin sekitar dua jam ke Palembang, karena jalannya sudah aspal. Jalan yang masih belum sepenuhnya bagus itu untuk arah Ulu Cecar Jalan Musi Rawas-Lubuk Linggau karena dulu itu jalan tanah perusahaan,” ujarnya.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan aparat TNI/Polri setempat untuk menjamin keamanan dan keselamatan pemudik saat melintasi ruas jalan alternatif tersebut.

Aparat kepolisian telah menyiapkan 23 pos yang terdiri atas 17 pos pengamanan dan enam pos pelayanan di setiap kawasan Jalan Lintas Tengah Sumatera, termasuk ruas jalan alternatif tersebut.

Masing-masing pos melibatkan aparat Polres Lubuk Linggau, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Muara Enim, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, Prabumulih, dan PALI, sekaligus termasuk tenaga kesehatan masing-masing kabupaten/kota.

Baca juga: Polisi siap kawal pemudik via jalur alternatif Jalinteng Sumatera
Baca juga: Pemudik diminta waspadai longsor di jalan lintas
Baca juga: Sumsel petakan jalan yang diperkirakan macet untuk pemudik

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022