Bandarlampung (ANTARA) - TNI Angkatan Laut (Lanal) Lampung membuka posko vaksinasi COVID-19 di Terminal Induk Rajabasa, Kota Bandarlampung, untuk pemudik dan masyarakat umum.

"Posko ini akan dibuka sampai 30 April 2022. Jadi posko ini akan dibuka selama tiga hari," kata Kepala Balai Pengobatan (BP) Lanal Lampung Lettu Laut (KW) dr Raras Hayati R, di Bandarlampung, Kamis.

Baca juga: Lanal Bengkulu siapkan posko vaksinasi di dua terminal bus

Ia mengatakan bahwa posko vaksinasi yang dibuka oleh TNI AL ini juga bertujuan guna mendukung program pemerintah terkait percepatan vaksinasi COVID-19 selama mudik Lebaran 1443 Hijriah.

"Posko ini dibuka mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB setiap hari dengan tenaga kesehatan yang disiapkan sebanyak 10 personel," kata dia.

Baca juga: TNI AL dan Pemprov Riau lakukan Serbuan Vaksin di pulau terluar

Ia mengatakan bahwa posko vaksinasi COVID-19 tersebut tidak hanya melayani penyuntikan vaksin dosis tiga atau penguat (booster) saja, tapi juga diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin divaksinasi dosis pertama dan kedua.

"Jadi vaksinasi ini bukan untuk pemudik dan dosis tiga saja, tapi untuk masyarakat umum dan melayani penyuntikan dosis pertama dan kedua," ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa setiap hari posko vaksinasi di Terminal Rajabasa ini menyiapkan 100 dosis vaksin bagi masyarakat dan apabila ada kekurangan maka akan segera ditambah.

Baca juga: IPDN-TNI AL laksanakan Gebyar Vaksin di Papua

"Jadi kami harap dengan upaya-upaya yang dilakukan pemerintah terkait percepatan vaksinasi kepada masyarakat, tidak ada lonjakan kasus COVID-19 setelah berlebaran," kata dia.

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022