Jakarta (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta memberangkatkan ratusan peserta program mudik bersama tahun 2022.

"Ini merupakan program Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) untuk memberikan kemudahan di jalan dengan menyiapkan sarana transportasi untuk mudik," kata Komandan Lantamal III Jakarta Brigjen TNI Marinir Umar Farouq saat melepas para pemudik di Jakarta, Kamis.

Dia menyebutkan sebanyak 142 orang mengikuti program mudik bersama tersebut, dengan menggunakan tiga bus untuk tujuan Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Yogyakarta. Para peserta mudik bersama itu merupakan prajurit TNI AL dan keluarga mereka.

Dengan situasi perjalanan mudik yang begitu padat, program mudik bersama TNI AL itu menjadi bagian dari upaya pengamanan personel untuk mengunjungi kampung halaman mereka, katanya.

"Kami sangat berterima kasih dengan fasilitas di program mudik bersama ini," kata salah satu peserta mudik Kopka TNI Hilal.

Hilal mengatakan program mudik bersama TNI AL memberikan kelancaran bagi keluarganya untuk menengok saudara di kampung halaman.

Baca juga: Kasal ingatkan prajurit tidak abaikan prokes saat mudik Lebaran 2022

Sementara itu Kasal Laksamana TNI Yudo Margono secara resmi melepas keberangkatan puluhan bus dalam rangka Mudik Lebaran Tahun 2022 serentak di Lapangan Apel Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal), Jakarta Timur.

Yudo mengatakan program mudik bersama TNI AL itu mendapat dukungan dari sejumlah mitra dengan menyediakan sebanyak 85 bus dan total 4.300 kursi.

Mudik bersama TNI AL merupakan salah satu bentuk perhatian dan kepedulian dari jajaran pimpinan TNI AL dalam meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI AL.

Selain itu, program mudik bersama juga dapat mengurangi beban ekonomi keluarga prajurit, meminimalkan kemacetan dan risiko kecelakaan dalam melaksanakan perjalanan mudik.

Baca juga: TNI AL siagakan 40 kapal perang amankan mudik Lebaran

Pewarta: Fauzi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022