Jakarta (ANTARA) - Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Ari F. Syam meminta masyarakat untuk tidak abai akan protokol kesehatan saat mudik Lebaran guna mencegah penularan COVID-19.

"Saya mengingatkan bahwa saat ini masih pandemi COVID-19, orang yang terinfeksi dengan COVID-19 masih ada di sekitar kita walaupun kasusnya sudah berkurang, kondisi daya tahan tubuh menurun meningkatkan potensi kita tertular terinfeksi oleh virus SARS-COV-2, " ujar dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan mudik sudah menjadi budaya bagi masyarakat, khususnya menjelang Lebaran.

"Mudik kali ini berbeda karena ini adalah mudik pertama yang sudah diperbolehkan pemerintah setelah dua tahun pandemi. Dalam dua tahun terakhir pemerintah tidak menganjurkan masyarakat untuk mudik dan tidak memberikan libur bersama," kata dia.

Baca juga: Dokter: Silaturahim saat mudik tetap perhatikan protokol kesehatan

Pada tahun ini, pemerintah memberikan libur bersama, sehingga memungkinkan masyarakat mudik. Bahkan Presiden Jokowi sudah memprediksi jutaan kendaraan baik roda empat maupun roda dua yang akan melakukan perjalanan mudik.

Ari menganjurkan masyarakat untuk mempersiapkan mudik dengan baik, agar saat di tempat tujuan tetap dalam keadaan sehat.

"Kelelahan merupakan kondisi yang umum terjadi jika kita melakukan perjalanan darat yang panjang dan lama. Kelelahan berhubungan dengan penurunan daya tahan tubuh dan akhirnya membuat tubuh kita mudah terinfeksi oleh kuman atau virus terutama bakteri dan virus penyebab penyakit infeksi saluran cerna (diare) dan penyakit infeksi saluran pernafasan atas (flu, batuk pilek dan sakit tenggorokan)," jelas dia.

Dia menyarankan para pemudik untuk menjaga stamina saat perjalanan mudik.

Selain itu, katanya, usahakan tidur minimal enam jam, tetap makan sayur dan buah-buahan, tetap olah raga, sebisa mungkin menghindari kerumunan.

Baca juga: Bupati Tangerang ingatkan warga patuhi prokes saat mudik Lebaran
Baca juga: Wabup Pesisir Selatan imbau masyarakat taat prokes saat mudik
Baca juga: Satgas COVID-19 ajak masyarakat tetap disiplin prokes saat Ramadhan

Pewarta: Indriani
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022