terpilih secara aklamasi melalui tahap pencalonan
Jakarta (ANTARA) - Badan Musyawarah (Bamus) Betawi menetapkan anggota DPRD DKI Jakarta Riano P Ahmad sebagai Ketua melanjutkan sisa masa bakti almarhum Abraham Lunggana atau lebih dikenal sebagai Haji Lulung untuk periode 2018-2023.

Berdasarkan keterangan dari Bamus Betawi di Jakarta, Jumat, penetapan Riano sebagai  ketua setelah melalui Musyawarah Besar Luar Biasa (Mubeslub) pada Kamis (28/4).

Dalam Mubeslub ini, Riano terpilih secara aklamasi melalui tahap pencalonan yang mana tidak ada calon lain yang mengantongi syarat dukungan minimal sebagai calon yakni 35 persen dari 70 ormas pemilik suara Bamus Betawi.

Dengan begitu, sesuai aturan tata tertib Mubeslub Bamus Betawi, Riano yang sebelumnya menjabat sebagai pelaksana tugas (plt) Ketua Umum Bamus Betawi secara otomatis ditetapkan sebagai Ketua Umum Definitif.

Usai terpilih, Riano mengucapkan terima kasih atas amanah yang diberikan untuk menuntaskan roda organisasi sisa masa bhakti Bamus Betawi hingga 2023 mendatang dan kemudian mengajak para pengurus solid dan berkomitmen bersama dalam membesarkan Bamus Betawi sebagai organisasi induk ormas-ormas Betawi di Ibu Kota DKI.

"Saya berharap jajaran pengurus, seluruh ormas, organisasi pendukung dan badan otonom Bamus Betawi tetap kompak dan saling menjaga dalam menjaga organisasi Bamus Betawi," kata Riano dalam keterangan tersebut.

Lebih lanjut, Riano  mengajak jajaran pengurus dan seluruh keluarga besar Bamus Betawi bangkit dan bersatu melanjutkan perjuangan Almarhum Haji Lulung.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrohim saya siap menjalankan amanah yang diberikan dengan penuh rasa tanggung jawab dan siap melanjutkan perjuangan serta cita-cita Almarhum Haji Lulung dalam menjaga marwah Betawi di Jakarta," ucap Riano.

Sementara itu, Sekretaris Majelis Adat Bamus Betawi, Abdul Chair Ramadhan berharap Bamus Betawi di bawah kepemimpinan Riano akan semakin mandiri, profesional, dan bermartabat.

"Yang terpenting lagi, ke depan Bamus Betawi harus bisa menjaga marwah Betawi dan menjadi alat juang kaum Betawi," pesan Abdul Chair saat menutup rangkaian acara Mubeslub.

Mubeslub itu sendiri dibuka langsung oleh Ketua Majelis Adat Bamus Betawi H. Nuri Thaher.

Dalam kesempatan ini, turut hadir Sekretaris Majelis Adat Dr Abdul Chair Ramadhan SH MH, Anggota Majelis Adat H Abdul Ghoni yang juga Ketum Forkabi dan Sekjen Bamus Betawi Syarif Hidayatullah.

Selanjutnya, ada juga Kepala Kesbangpol Pemprov DKI Taufan Bakri mewakili Gubernur DKI Anies Baswedan, Wakil Wali Kota Jakarta Utara (Jakut) Juwaini, Perwakilan Dinas Kebudayaan DKI hingga para ketua ormas dan badan otonom ormas Betawi.
Baca juga: Bamus Betawi ajak masyarakat kawal proses hukum Ferdinand Hutahaean
Baca juga: Bamus Betawi: Haji Lulung sosok pejuang kaum Betawi
Baca juga: Bamus Betawi usul Turki Usmani gantikan nama Jalan Ataturk

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022