untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Polri menerbitkan buku elektronik tentang panduan mudik aman dan sehat tahun 2022 yang dapat diakses melalui internet dan dibaca selama perjalanan mudik, berisi berbagai informasi dan tips bagi pemudik.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Pol. Gatot Repli Handoko menyebutkan, buku panduan mudik elektronik tersebut bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat.

“Jadi, buku itu untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat, apabila melakukan mudik disiapkan panduan, di dalamnya ada beberapa petunjuk, sama tips-tips bagaimana kalau mau mudik untuk membantu pelaksanaan mudik,” kata Gatot saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Buku sebanyak 25 halaman itu terdiri atas 15 daftar isi, di antaranya syarat mudik, bagaimana kendaraan harus dicek sebelum perjalanan jauh, serta panduan membaca doa sebelum berangkat mudik.

Daftar isi berikutnya, berisi informasi penerapan tilang elektronik (ETLE) di dalam tol Jasa Marga.

Baca juga: Kapolri sosialisasikan perpanjangan "one way" di jalan tol

Pada halaman ini, diinformasikan penyebaran kamera ETLE yang terdapat di 10 titik Tol TransJawa, tujuh titik di Tol Jabodetabek dan Jabar, dan satu titik di Tol Pulau Jawa. Juga terdapat informasi pengimplementasian "weight in mention" yang terintegrasi dengan ETLE yang tersebar di delapan jalan tol.

Pada halaman berikutnya, yakni halaman 8 dan 9, terdapat informasi terkait penerapan rekayasa lalu lintas berupa lawan arus (contraflow), satu arah (one way) dan ganjil genap pada saat arus mudik dan arus balik.

Di halaman 10, pemudik akan mendapatkan informasi terkait tarif Tol TransJawa, seperti rute Jakarta-Tangerang menuju Cirebon (GT-Ciperna) total biayanya Rp169 ribu. Sedangkan Jakarta-Tangerang menuju Semarang (GT-Kalikangkung) biaya keseluruhannya Rp401.500.

Selanjutnya di halaman 11, pemudik bisa menemukan informasi lokasi tempat istirahat (rest area) di jalan tol Lampung-TransJawa pada Operasi Ketupat 2022. 

Pemudik juga dimanjakan dengan informasi Mobile BBM yang disiapkan oleh Polri bekerja sama dengan Pertamina di jalur tol, di mana saja lokasinya dapat dicek di halaman 15.

Baca juga: Polri antisipasi pergerakan 211.809 kendaraan yang tinggalkan Jakarta

Pada halaman 16, tersedia informasi lokasi pos pengamanan di ruas jalan Tol TransJawa. Sebagaimana diketahui, pos pengamanan (pos pam) Polri ini menyediakan berbagai layanan seperti tempat istirahat bagi pemudik, hingga layanan vaksinasi.

Kemudian di halaman 17 informasi tentang pos pelayanan (Posyan) publik yang didirikan di sepanjang jalur mudik, layanan yang diberikan berupa layanan kesehatan, akselerasi vaksinasi, layanan protokol kesehatan, memberikan informasi layanan publik dan inovasi lainnya.

Di halaman 18 terdapat sejumlah nomor penting yang bisa dihubungi pemudik saat dalam situasi darurat, seperti nomor "call center" 110 untuk layanan kepolisian, nomor 14080 layanan Jasa Marga, 119 untuk ambulans dan 113 untuk pemadam kebakaran.

Nah, di halaman 19 ini, terdapat informasi rumah sakit terdekat yang bisa diakses pemudik bila membutuhkan layanan medis tertentu. 

Berikutnya di halaman 24 dan 25 berisikan tips-tips jitu bagi pemudik, yakni 10 tips aman mudik aman dan sehat, serta 6 tips anti mengantuk saat berkendaraan di bulan puasa.

Baca juga: Polri perpanjang pemberlakuan "one way" hingga Sabtu pagi

Bagi yang penasaran apa saja tipsnya, bisa langsung di akses buku elektronik panduan mudik aman dan sehat melalui tautan berikut ini https://online.flippingbook.com/view/180829247/24/

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022