Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) membagikan 1.000 masker gratis bagi para pemudik yang menggunakan angkutan kereta di Stasiun Pasar Senen.

"Hari ini kami membagikan masker gratis untuk para pemudik," kata Ferdy Setiawan, salah satu relawan PMI yang tengah membagi-bagikan masker di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu.

Pembagian masker gratis itu, katanya, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para pemudik untuk tetap menggunakan masker selama di perjalanan, guna mencegah penularan COVID-19.

Selain di Stasiun Pasar Senen, pembagian masker gratis juga dilakukan di Stasiun Gambir, Stasiun Tanah Abang, dan di beberapa terminal seperti di Terminal Kalideres, dan Terminal Pulogadung, serta di beberapa cabang lain yang mereka dirikan.

Baca juga: Satgas dorong penggunaan masker dengan proteksi tinggi saat mudik

Baca juga: Masker medis masih amankah dipakai saat mudik demi cegah COVID-19?


Pembagian masker secara gratis baru dilakukan hari ini. Sementara beberapa hari sebelumnya, PMI juga memberikan layanan kesehatan berupa cek kesehatan bagi ibu hamil, bekerja sama dengan PT. KAI di Pos Kesehatan PT KAI.

Cek kesehatan diberikan bagi para ibu hamil yang akan melakukan perjalanan mudik. Selain itu, cek kesehatan juga diberikan bagi para lansia.

Ferdy mengatakan bagi ibu hamil yang kondisinya tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan mudik, PT KAI dan PMI menyarankan kepada mereka untuk membatalkan perjalanan jika tidak ditemani oleh pendamping.

PMI, kata Ferdy, memberikan layanan kesehatan tersebut sejak 27 April 2022 sampai dengan 7 Mei 2022.

Baca juga: Kemenhub: mudik dengan kendaraan pribadi harus pakai masker

Baca juga: Menkes: Tetap pakai masker jelang Lebaran meski kasus COVID-19 rendah
 

Pewarta: Katriana
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022