PBB (ANTARA News) - Sekjen PBB Ban Ki-moon, Jumat mendukung tuntutan internasional pada Iran agar mengakhiri kecurigaan bahwa Teheran berusaha membuat bom nuklir setelah pengawas nuklir PBB mengecam negara itu.

"Sekjen tetap sangat cemas atas masalah-masalah yang belum terselesaikan menyangkut program nuklir Iran, termasuk yang perlu dijernihkan menyangkut kemungkinkan dimensi-dimensi militer," kata juru bicara PBB Martin Nesirky.

Ban menyatakan resolusi Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) yang disetujui Jumat mengecam kegiatan-kegiatan nuklir Iran,kata juru bicara itu dalam satu pernyataan tertulis menjawab satu pertanyaan AFP.

"Resolusi itu disetujui dewan gubernur IAEA hari ini memberikan satu kesempatan untuk meningkatkan dialog yang bertujuan menyelesaikan semua masalah penting terkait program nuklir itu." kata juru bicara itu.

Ban menyerukan Iran bekerja sama "tanpa ditunda" dengan usul IAEA untuk mengirim satu tim tingkat pejabat tinggi ke Republik Islam itu.

"Sekjen menegaskan kembali bahwa adalah tanggung jawab Iran untuk membuktikan bahwa program nuklirnya hanya untuk tujuan damai," kata Nesirky.

Ban mengulangi seruannya kepada Iran agar mentaati sepenuhnya seluruh resolusi Dewan Keamanan PBB dan IAEA" dan menegaskan perlunya dicapai satu solusi diplomatik yang memulihkan kepercayaan internasional bahwa program nuklirnya benar-benara hanya untuk tujuan damai," kata juru bicara itu.

Dewan Keamanan telah mengeluarkan empat babak sanksi untuk mendukung tuntutan-tuntutan bahwa Iran harus menghentikan kegiatan-kegiatan pengayaan uraniumnya. Iran membantah keras bahwa pihaknya sedang berusaha membuat bom nuklir.
(H-RN/H-AK) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011