Mukomuko (ANTARA) -
Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu memastikan kesehatan daging sapi dan kerbau yang dijual menjelang Lebaran 2022 aman, sehat, dan halal.

"Daging sapi dan kerbau yang dijual kepada masyarakat menjelang Lebaran ini aman dikonsumsi," kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Fitriyani Ilyas, dalam keterangannya di Mukomuko, Minggu.
 
Petugas peternakan dan kesehatan hewan daerah tersebut sejak beberapa hari terakhir melakukan pengecekan kesehatan daging sapi dan kerbau yang dijual kepada masyarakat menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah.

Petugas dari tiga pusat kesehatan hewan (puskeswan) di Kecamatan Ipuh, Kecamatan Penarik, dan Kecaamatan Lubuk Pinang melakukan pengecek kelayakan daging yang dijual oleh pedagang di pasar tradisional yang tersebar di daerah ini.
 
Berdasarkan hasil pengecekan daging sapi tersebut, sehat dan aman dikonsumsi oleh masyarakat menjelang Lebaran.

"Untuk sementara ini petugas belum menemukan daging sapi dan kerbau mengandung cacing dan penyakit berbahaya lainnya yang dapat menular kepada manusia," ujarnya.

Baca juga: Harga daging sapi Rp160 ribu per Kg di Cianjur

Selain itu, ia memastikan daging sapi dan kerbau yang dijual oleh pedagang di pasar tradisional di wilayah daerah ini masih segar karena sapi dan kerbau dipotong sekitar pukul 02.00-03.00 WIB.
 
Harga daging sapi yang dijual di sejumlah pasar tradisional di daerah ini menjelang Lebaran tahun ini masih stabil, yakni sebesar Rp140 ribu per kilogram atau masih sama dengan harga daging menjelang Ramadhan 1443 Hijriah.
 
Begitu juga dengan harga daging kerbau yang dijual di Kecamatan Kota Mukomuko berkisar Rp150 ribu hingga Rp170 ribu per kilogram, atau sama dengan harga daging menjelang Ramadhan.

"Harga daging sapi memang sebesar Rp140 ribu per kilogram, harga daging sapi tersebut sama dengan harga daging yang dijual pada menjelang bulan Ramadhan tahun sebelumnya dan hari biasa di pasar tradisional di daerah ini," ujarnya.

Baca juga: H-3 Lebaran, harga daging sapi di Pasar Kramat Jati naik
Baca juga: Badan Pangan Nasional siapkan daging beku untuk stabilitas harga

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022