Pangkalpinang (ANTARA) - Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil mengimbau warga setempat tidak berlebihan saat merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah guna mengurangi potensi penularan virus corona.

"Lebaran tahun ini, silakan masyarakat bersilaturahmi dengan sanak famili, tetangga tetapi jangan terlalu berlebihan," kata dia usai melaksanakan Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di Lapangan Merdeka Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin.

Ia mengatakan Hari Raya Idul Fitri tahun ini sebagai luar biasa dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, seiring semakin melandai kasus COVID-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, khususnya Kota Pangkalpinang.

"Menjelang Lebaran tahun ini, kami lihat para pengunjung di pusat-pusat pelayanan, bandara, pelabuhan, dan pusat-pusat perbelanjaan sudah ramai sehingga mendorong perekonomian masyarakat," katanya.

Baca juga: Umat Islam di Solo laksanakan Shalat Idul Fitri tetap jaga kerukunan

Ia bersyukur Hari Raya Idul Fitri tahun ini, masyarakat sudah dapat melaksanakan Shalat Id berjamaah di masjid dan lapangan.

"Alhamdulillah pelaksanaan Shalat Idul Fitri tadi berjalan lancar, khusyuk dan sesuai protokol kesehatan COVID-19 yang ditetapkan," katanya.

Ia berharap, Hari Raya Idul Fitri tahun ini keadaan Indonesia, Provinsi Kepulauan Babel, dan khusus Kota Pangkalpinang, semakin aman, nyaman, damai, dan tenteram.

"Ini suatu keberkahan yang harus disyukuri, karena dua tahun terakhir ini kita semua tidak bisa melaksanakan Shalat Idul Fitri berjamaah, karena kasus COVID-19 yang tinggi," katanya.

Pantauan di Lapangan Merdeka Pangkalpinang, Masjid Jami' Masjid Muhammadiyah, dan masjid lainnya di ibu kota Provinsi Kepulauan Babel pada Senin pagi, personel TNI, Polri, Satpol Pamong Praja, dan Dinas Perhubungan bersiaga dan mengawasi pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah agar tetap berjalan aman, lancar, dan khusyuk.

Ratusan umat muslim khususnya di Lapangan Merdeka Kota Pangkalpinang berbondong-bondong memadati tempat itu untuk Shalat Id, sedangkan arus lalu lintas di kawasan tersebut padat tetapi kendaraan melaju lancar.

Baca juga: Wakil Ketua MPR: Idul Fitri momentum tingkatkan kepedulian
Baca juga: Puan: Mari melangkah sebagai bangsa yang penuh berkah
Baca juga: Khatib Salat Id di Istiqlal ajak umat tingkatkan gotong royong

Pewarta: Aprionis
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022