Mamuju (ANTARA) - Polres Polewali Mandar, Sulawesi Barat, mengoptimalkan pengamanan di tempat-tempat wisata sebagai upaya mengantisipasi melonjaknya kunjungan warga di kawasan wisata setelah Lebaran 2022.

"Setelah Lebaran, kami meningkatkan pemantauan aktivitas masyarakat di sejumlah tempat wisata," kata Kasat Samapta Polres Polewali Mandar Inspektur Polisi Satu Taufiq kepada ANTARA di Mamuju, Rabu.

Taufiq menyebutkan kawasan wisata yang menjadi perhatian akibat tingginya aktivitas masyarakat, di antaranya water boom Binuang, Kalupajaan Binuang, Rawa Bangun Kali Biiru, Wai Batu , dan Pospam Binuang.

Selain melakukan pengamanan di lokasi dan di pintu-pintu masuk lokasi wisata, personel Polres Polewali Mandar juga menekankan kepada para pengunjung agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pada pengamanan lokasi wisata pasca-Idulfitri 1443 Hijriah, pihaknya secara rutin melakukan patroli untuk memantau perkembangan situasi kamtibmas masyarakat, yang menuju lokasi wisata dan mengantisipasi adanya aksi kejahatan.

Pengamanan itu, kata dia, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang menikmati liburan Lebaran di tempat-tempat wisata.

"Kami juga mengingatkan kewaspadaan terhadap barang bawaan serta tetap memperhatikan anak-anaknya agar selalu berada dalam pengawasan orang tua," katanya

Ia mengimbau masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan, terutama dalam penggunaan masker.

Dalam patroli dialogis situasi kamtibmas di tempat-tempat wisata, menurut dia, secara umum berjalan aman dan kondusif.

Baca juga: Dishub imbau bus wisata ke Mangunan tidak melewati jalur Cinomati

Baca juga: Pesisir Selatan tingkatkan kesiapaiagaan di lokasi wisata

Pewarta: Amirullah
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022