Jakarta (ANTARA) - Posko Terpadu Kesehatan dan Cek Urine Pengemudi Angkutan Lebaran Tahun 2022 di Terminal Pulo Gebang, Kamis, masih melayani pemberian vaksin kepada pemudik.

Berdasarkan data pada hari Kamis, sejak pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB, Ayu selaku salah satu staf di posko kesehatan tersebut menyampaikan tercatat 47 pemudik yang telah menerima vaksin di Terminal Pulo Gebang.

"Totalnya ada 47 pemudik yang sudah divaksin hari ini, di antaranya 26 orang diberi dosis ketiga vaksin Pfizer, 4 orang dosis pertama vaksin Pfizer, 16 orang dosis ketiga vaksin Astra, dan 1 orang dosis pertama vaksin Astra," ujar Ayu saat ditemui di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta, Kamis.

Terkait dengan pemeriksaan kesehatan sopir, Ayu mengatakan bahwa pihaknya pada hari Kamis, mulai pukul 07.00 sampai 12.00 WIB, baru melakukan pemeriksaan urine terhadap satu sopir.

"Sampai sekarang, baru ada satu sopir yang diperiksa (pemeriksaan urine). Kalau kemarin, ada tiga sopir," ucapnya.

Selanjutnya, Ayu menuturkan bahwa pihaknya akan senantiasa berjaga di posko kesehatan untuk memberikan layanan vaksin kepada para pemudik yang menjadwalkan keberangkatan pada masa arus balik ini.

"Kami stand by setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 12.00 WIB," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan mudik atau pulang kampung pada perayaan Idulfitri 1443 Hijriah diperbolehkan asalkan pemudik sudah mendapat dosis pertama dan kedua serta dosis penguat (booster) vaksin COVID-19.

Lebih lanjut, pemudik yang mendapat dosis pertama dan kedua vaksin COVID-19 wajib melakukan tes antigen atau PCR, sedangkan yang telah mendapat dosis penguat tidak wajib untuk melakukannya.

Pemerintah mengizinkan aktivitas mudik pada tahun ini karena mempertimbangkan situasi pandemi COVID-19 yang terus membaik.

Presiden juga mengingatkan setiap aktivitas dalam mudik harus dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yang ketat.

Baca juga: Wagub DKI apresiasi semua pihak yang terlibat sukseskan mudik lebaran

Baca juga: Pengendara dari arah Bandung ke Cianjur manfaatkan dua jalur

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022