Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan pimpinan KPK harus membangun kerjasama dengan inspektorat jenderal di semua kementerian sebagai pengawas anggaran.

"Sangat disayangkan jika KPK selama ini belum memanfaatkan potensi pencegahan korupsi yang ada pada semua Irjen yang merupakan instrumen terdekat dari semua satuan kerja pengguna anggaran," kata Bambang di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis.

Menurut dia, KPK  tak akan mampu menyelesaikan dan menuntas korupsi bila tak didukung oleh pihak lain. "Sudah pasti bahwa upaya mencegah korupsi tidak dilakukan sendiri oleh KPK. Karena itu, kepemimpinan baru KPK harus berani membangun sinergi dengan institusi terkait lainnya," kata Bambang

Ia menyebutkan, selama ini sudah terbukti bahwa KPK hanya fokus pada penindakan kasus-kasus kecil yang menyebabkan efektivitas KPK sangat rendah. "Buktinya, banyak temuan mengindikasikan bahwa korupsi justru semakin merajalela dalam beberapa tahun terakhir ini," ungkap pengusaha itu.

Menurut Bambang, visi baru KPK harus terfokus pada upaya pencegahan dan penindakan kasus besar. (zul)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011