Dimungkinkan hari Sabtu (7/5) ini merupakan puncak arus balik karena tanggal 9 Mei 2022, tentunya sudah mulai masuk kerja
Demak, Jateng (ANTARA) - Lalu lintas arus balik kendaraan yang melintasi Jalan Pantura Timur Demak-Kudus ruas Demak, Jawa Tengah, dari arah Semarang menuju Surabaya atau sebaliknya pada arus balik H+4 Lebaran 2022, Sabtu (7/5) ramai lancar.

Berdasarkan pantauan dari ruas Demak di Karanganyar dan di perbatasan Kudus dengan Demak di Gerbang Kudus Kota Kretek Kecamatan Jati, Kudus, ANTARA melaporkan arus lalu lintas dari arah Semarang menuju Surabaya maupun sebaliknya terpantau ramai lancar.

Kendaraan dengan pelat luar kota seperti E, F, T, A, D maupun W tampak melintas baik dari arah Semarang maupun dari arah Surabaya. Sebagian di antaranya membawa barang bawaan di atap mobil yang menjadi salah satu ciri khas pemudik.

"Dimungkinkan hari Sabtu (7/5) ini merupakan puncak arus balik karena tanggal 9 Mei 2022, tentunya sudah mulai masuk kerja. Dari sisi tingkat keramaian kendaraan yang melintas memang ada peningkatan dibandingkan sebelumnya," kata Kepala Pos Pengamanan (Pospam) Sayung Demak AKP Sugito di Demak, Sabtu.

Menurut dia hari ini (7/5) Jalur Pantura Demak cenderung dipenuhi kendaraan baik dari arah Semarang menuju Surabaya maupun Surabaya menuju Semarang. Namun, kondisinya ramai lancar dan tidak ada kemacetan.

Sejak arus mudik hingga arus balik Lebaran ini, kata dia, para pemudik dinilai cukup waspada dan hati-hati selama di jalan karena kasus kecelakaan lalu lintas nihil.

"Kami ingatkan, tetap waspada meskipun kondisi jalanan cukup lancar. Jika kelelahan lebih baik istirahat dan jangan memaksakan berkendara," ujarnya.

Kepala Pos Pelayanan Terminal Induk Jati Kudus AKP Uji Andi menambahkan hingga hari ini (7/5) arus balik yang melintasi Jalur Pantura Timur Kudus memang terlihat lebih ramai dibandingkan hari sebelumnya.

Suasana ramai, kata dia, juga terlihat di dalam Terminal Induk Jati Kudus, karena setiap sore hari penuh dengan penumpang yang hendak mudik ke berbagai kota, mulai dari Bandung hingga Jakarta.

Ia memperkirakan hari ini (7/5) menjadi puncak arus balik, mengingat puncak libur Lebaran berakhir Minggu (8/5) dan Senin (9/5) aktivitas kerja mulai normal kembali.

"Bagi pemudik yang balik hari ini (7/5) tentunya akan mendapatkan keuntungan bisa beristirahat lebih panjang pada hari Minggu (8/5) sebelum masuk kerja," katanya.

Baca juga: Ada peningkatan pemudik masuk jalur pantura timur di Kudus

Baca juga: Pemudik arus balik masih terlihat di Jalur Pantura Timur Demak-Kudus

Baca juga: Jalur Pantura Timur Demak-Kudus mulai ramai pemudik

Baca juga: Arus balik di Pantura Timur Kudus-Demak mulai turun

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022