Beijing (ANTARA) - China merilis pedoman yang meminta berbagai daerah untuk mendorong urbanisasi dengan berfokus pada kota-kota praja di wilayah di seluruh negara tersebut.

Pedoman yang dikeluarkan oleh Kantor Umum Komite Sentral Partai Komunis China bersama dengan Kantor Umum Dewan Negara China itu, seperti dilansir Xinhua, Sabtu, mengatakan bahwa langkah itu bertujuan untuk memenuhi kebutuhan warga pedesaan secara lebih baik guna mendapatkan pekerjaan dan menetap di kota-kota praja di wilayah China.

Pedoman itu menguraikan serangkaian kebijakan termasuk mengembangkan industri kompetitif, menciptakan lebih banyak lapangan kerja di kota-kota praja di wilayah China, serta memperkuat konservasi lingkungan. Pedoman tersebut juga menambahkan bahwa pada 2025 nanti, kemajuan besar akan terlihat dari program tersebut.

Tingkat urbanisasi warga permanen China mencapai 64,72 persen pada 2021, menurut Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China.

Negara tersebut menargetkan untuk mendongkrak tingkat urbanisasinya ke angka 65 persen selama periode 2021-2025, menurut Rencana Lima Tahun ke-14. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2022